Anies Baswedan anjurkan antar anak pada hari pertama sekolah

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Anies Baswedan anjurkan antar anak pada hari pertama sekolah
MenpanRB Yuddy Chrisnandi juga beri PNS kelonggaran waktu demi antar anak ke sekolah pada hari pertama.

JAKARTA, Indonesia — Setelah berlibur selama kurang lebih satu bulan, hari ini, Senin, 27 Juli, merupakan hari pertama siswa-siswi kembali ke sekolah untuk memulai tahun pelajaran baru 2015/2016.

Tentunya, dengan hari baru, terbit pula harapan baru kepada sistem pendidikan di Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan akhir pekan lalu, misalnya, meluncurkan peraturan yang mewajibkan sekolah membangun budi pekerti murid.

Caranya beragam, mulai dari kewajiban membaca buku non-pelajaran selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, dan menyanyikan lagu wajib nasional setiap harinya.

(BACA: Anies wajibkan siswa nyanyikan lagu nasional setiap hari)

“Hari ini adalah saat yang tepat untuk memulai babak baru bagi kita semua. Ini saat bagi kita untuk membentuk sekolah menjadi taman, menjadi ekosistem pendidikan yang penuh tantangan tapi menyenangkan bagi semua warganya,” kata Anies dalam sambutannya pada upacara bendera hari pertama sekolah tahun ajaran 2015/2016.  

Menyambut tahun ajaran baru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menganjurkan kepada orang tua untuk mengantar anak-anak mereka ke sekolah pada hari-hari pertama sekolah. Menurut Kemendikbud, ada banyak alasan, utamanya psikologis, yang membuat mengantar anak ke sekolah pada hari pertamanya menjadi penting dan bermakna.

(BACA: Menteri Anies: Mengembalikan peran orang tua dalam pendidikan)

Demi mengakomodasi orang tua yang ingin menyisihkan sedikit waktunya di pagi hari bagi anak-anak mereka, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi juga mengeluarkan surat anjuran kepada seluruh aparatur negeri sipil (ANS) agar dapat mengantar anak ke sekolah. 

“ASN harus peduli terhadap budi pekerti anak. Mengantarkan anak di hari pertama masuk sekolah, memberinya motivasi untuk percaya diri dan berperilaku baik di sekokah adalah bagian dari pembangunan karakter anak,” kata Yuddy melalui siaran pers. 

Berikut infografis yang disusun oleh Kemendikbud perihal mengantar anak ke sekolah pada hari pertama:

Apakah Anda termasuk orang tua yang mengantar anak ke sekolah di hari pertama mereka pagi ini? 

Bagi yang belum sempat antar dan/atau jemput anak ke sekolah pada hari pertama ini, masih ada hari-hari berikutnya yang tak kalah pentingnya. Yuk, sisihkan sedikit waktu kita untuk si buah hati. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!