restaurants in Metro Manila

Film karya Joko Anwar akan diputar di Venice Film Festival 2015

Shinta Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Film karya Joko Anwar akan diputar di Venice Film Festival 2015
Film 'A Copy of My Mind' menjadi satu-satunya film asal Asia Tenggara yang terpilih di Venice.

JAKARTA, Indonesia — Daftar film-film yang akan diputar di Venice Film Festival ke-72 telah dirilis pertengahan minggu ini. Salah satu dari film-film tersebut adalah A Copy of My Mind, film yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar.

Drama yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Tara Basro ini bercerita tentang Alex, seorang pembuat teks terjemahan untuk DVD bajakan, dan Sari, wanita yang bekerja di sebuah salon kecil.

Sepasang kekasih ini terseret dalam kasus yang melibatkan para petinggi negara ketika mereka menemukan kepingan DVD berisi bukti yang dapat membuat salah satu kandidat didiskualifikasi dari ajang pemilihan presiden — seorang tokoh yang dikhawatirkan akan menjadi sosok diktator apabila dirinya sampai terpilih.

Setelah mendapat berita bahwa film ini masuk seleksi Venice, Chicco dan Tara masing-masing mengutarakan kegembiraan mereka melalui media sosial.

Film berdurasi 116 menit ini akan berkompetisi di segmen Orizzonti (Horizons). Totalnya, ada 33 film yang berada di segmen ini — 18 film panjang dan 15 film pendek.

Beberapa film panjang yang ada di segmen ini adalah Krigen (A War) dari Tobias Lindholm, The Childhood of a Leader dari Brady Corbet, serta Man Down dari Dito Montiel.

Orizzonti adalah segmen khusus yang didedikasikan pada film-film yang mewakili estetika dan tren-tren ekspresif terbaru dalam sinema internasional. Tahun ini, juri segmen Orizzonti diketuai oleh Jonathan Demme, sutradara asal Amerika Serikat pemenang Academy Awards.

Tim juri ini beranggotakan sutradara dan penulis naskah asal Perancis, Alix Delaporte; aktris asal Spanyol, Paz Vega; sutradara asal Hong Kong, Fruit Chan; dan aktris Italia, Anita Caprioli.

Para juri tersebut akan memberikan penghargaan Orizzonti Award for Best Film, Orizzonti Award for Best Director, Special Orizzonti Jury Prize, Orizzonti Award for Best Actor or Actress, dan Orizzonti Award for Best Short Film.

Bagian dari trilogi

A Copy of My Mind kembali menjadi bukti eksistensi Indonesia di Venice Film Festival. Tahun lalu, film pendek karya Sidi Saleh yang berjudul Maryam pun terpilih untuk berkompetisi di segmen yang sama. Tapi, tak hanya sekadar masuk dalam daftar, Maryam juga berhasil menyabet penghargaan film pendek terbaik.

A Copy of My Mind adalah film drama pertama yang dibuat oleh Joko Anwar, setelah sebelumnya lebih banyak membuat film bergenre thriller. Menurut rencana, A Copy of My Mindakan menjadi bagian dari sebuah trilogi. Dua film lainnya yang direncanakan adalah A Copy of My Heart dan A Copy of My Soul.

Di bulan Oktober 2014, A Copy of My Mind menjadi penerima CJ Entertainment Award dalam Asian Project Market, bagian dari Busan International Film Festival. Film ini mendapat hadiah sebesar 10 ribu dolar Amerika Serikat untuk membuat film panjangnya tersebut.

A Copy of My Mind merupakan produksi bersama antara Lo-Fi Flicks dan CJ Entertainment. Film yang diproduseri oleh Tia Hasibuan serta Uwie Balfas ini dibuat dengan perencanaan 8 bulan, dan disyuting hanya dalam waktu delapan hari. Menurut Joko, ia membuat film ini sebagai surat cinta untuk kota Jakarta.

Venice Film Festival ke-72 sendiri akan digelar dari tanggal 2 sampai 12 September 2015. Tahun ini, sebanyak 55 film telah terpilih untuk meramaikan festival film tertua di dunia ini. Sebanyak 21 film akan diputar dalam Venezia 72 (Competition), 16 di Out of Competition (9 di antaranya adalah film dokumenter), dan 18 di Orizzonti.

Dari daftar film tahun ini, Venice Film Festival akan memutar judul-judul yang masuk dalam sorotan pengamat film macamThe Danish GirlBeasts of No NationAnomalisaBlack Mass, dan De Palma. Festival film ini juga akan dibuka dengan filmEverest yang bertabur bintang seperti Jake Gyllenhaal, Keira Knightley, Jason Clarke, Robin Wright, dan Josh Brolin.

Belum ada tanggal pasti kapan A Copy of My Mind bisa ditonton di Indonesia. Tetapi, melalui akun Twitter-nya, Joko menulis bahwa ia berharap filmnya mudah-mudahan akan dapat diputar mulai awal tahun depan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!