Profil Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Profil Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong

DANY PERMANA

Di dalam negeri, Tom lebih dikenal sebagai pengusaha bioskop Blitz Megaplex yang merupakan saingan 21 Cineplex.

JAKARTA, Indonesia—Nama Thomas Trikasih Lembong menjadi buah bibir setelah ia didapuk menjadi Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Rabu siang, 12 Agustus. Bahkan Tom, panggilan akrabnya, menjadi nama yang paling dicari di google sesaat setelah ia resmi dilantik. 

Siapakah Tom sebenarnya? 

Tom adalah penyandang gelar Bachelor of Arts di bidang arsitektur dari Harvard University sejak 1994. Ia mengawali karirnya sebagai birokrat pertama kali pada akhir 1998 di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebagai Kepala Divisi Asset Management Investment (AMI). Ia menjabat selama 2 tahun. 

BPPN adalah sebuah lembaga yang dibentuk pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden nomor 27 tahun 1998. Lembaga ini dibentuk untuk menyehatkan perbankan, penyelesaian aset bermasalah (salah satunya aset obligator Bantuan Likuiditas Bank Indonesia), dan mengupayakan pengembalian uang negara yang tersalur pada sektor perbankan.  

Namun umur BPPN tidak panjang, pada masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri, lembaga ini dibubarkan dengan Keppres yang dikeluarkan pada 27 Februari 2014.

Setelah BPPN bubar, Tom berkarir di Deutsche Bank, Morgan Stanley, dan Farindo Investments. Lalu ia menjadi salah satu mitra pendiri Private Equity. Dia juga merupakan bagian dari Principia Management Group dan PT Graha Layar Prima Tbk

Salah satu prestasi Tom adalah penobatannya sebagai Young Global Leader (YGL) di World Economic Forum (Davos) pada 2008. Di dalam negeri, Tom lebih dikenal sebagai pengusaha bioskop Blitz Megaplex yang merupakan saingan 21 Cineplex. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!