Oktober, waktu ideal untuk The Fed naikkan suku bunga

Haryo Wisanggeni

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Oktober, waktu ideal untuk The Fed naikkan suku bunga

AFP

Sikap The Fed yang belum jelas dinilai menjadi salah satu sumber ketidakpastian perekonomian global
JAKARTA, Indonesia — Jika Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed memang berniat untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan mereka, waktu yang ideal untuk melakukannya adalah pada Oktober nanti. Demikian menurut guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Firmanzah.

“Kalau September masih terlalu cepat, sedangkan kalau akhir tahun likuiditas dunia kering, jadi waktu yang ideal untuk menaikkan suku bunga bagi The Fed ya Oktober,” katanya, Kamis, 27 Agustus 2015. 

Wacana naiknya tingkat suku bunga acuan di Amerika Serikat telah beredar untuk waktu yang lama, setelah proses pemulihan perekonomian mereka mulai menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Namun hingga saat ini, belum juga ada keputusan. 

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sebagaimana dilansir oleh The Wall Street Journal menilai bahwa situasi ini merupakan salah satu sumber ketidakpastian ekonomi global yang merebak belakangan.

“Lebih baik Amerika Serikat mengambil keputusan. Yang membuat pasar finansial bergejolak adalah ketidakpastian,” kata Bambang, Kamis.

Tingkat suku bunga acuan di Amerika Serikat adalah salah satu faktor utama penentu jumlah permintaan terhadap dolar Amerika Serikat (US$). Sesuai dengan hukum dasar ekonomi, jumlah permintaan terhadap suatu barang, termasuk mata uang akan menentukan harganya.

Sebagai mata uang internasional, harga dolar Amerika diukur dengan nilai tukarnya terhadap mata uang lain yang menjadikannya acuan, termasuk rupiah. Inilah pentingnya keputusan The Fed untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan mereka bagi perekonomian Indonesia. — Rappler.com

Baca juga:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!