Indonesia wRap: 1 September 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 1 September 2015

DANY PERMANA

Puluhan ribu buruh akan berunjuk rasa hari ini, Pansel KPK akan serahkan 8 nama capim KPK, dan Jakarta dinamakan salah satu kota paling tak bersahabat di dunia.

JAKARTA, Indonesia — Puluhan ribu buruh akan berunjuk rasa hari ini, Pansel KPK akan serahkan 8 nama capim KPK, dan Jakarta dinamakan salah satu kota paling tak bersahabat di dunia. 

10 tuntutan buruh dalam demonstrasi hari ini

Hari ini, Selasa, 1 September, puluhan ribu buruh akan melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka. Menurut Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, akan ada 35 ribu buruh yang berdemonstrasi. “Ada sepuluh tuntutan dari buruh yang dilatarbelakangi ketidakadilan yang diterima buruh akhir-akhir ini,” kata Said, Senin, 31 Agustus. 

Berikut 10 tuntutan buruh tersebut: 

  1. Turunkan harga bahan bakar minyak dan sembilan bahan makanan pokok
  2. Tolak pemutusan hubungan kerja akibat pelemahan rupiah dan perlambatan ekonomi
  3. Tolak pekerja asing atau mewajibkan pekerja asing berbahasa Indonesia
  4. Perbaiki layanan kesehatan
  5. Naikkan upah minimum 22 persen
  6. Angkat pekerja kontrak dan outsourcing jadi karyawan tetap dan guru honorer jadi pegawai negeri sipil
  7. Revisi peraturan pemerintah jaminan pensiun setara dengan PNS
  8. Bubarkan Pengadilan Hubungan Industrial
  9. Pidanakan perusahaan pelanggar keselamatan dan kesehatan kerja
  10. Sahkan Rancangan Undang-Undang Pembantu Rumah Tangga. 

Survei: Jakarta kota paling tak bersahabat di dunia

Kamu warga Jakarta dan sering mengeluh macet? Bayangkan menjadi turis di ibu kota. Dalam sebuah survei majalah travel Conde Nast Traveler, Jakarta menduduki peringkat 9 dari 10 kota paling tidak bersahabat di dunia. Jakarta dianggap tak bersahabat karena kotor dan macet. “Butuh waktu dua jam dari bandara menuju hotel kami karena kemacetan yang parah,” kata seorang responden. 

Berikut 10 kota tak bersahabat di dunia:

  1. Caracas, Venezuela
  2. Casablanca, Morocco
  3. Guangzhou, Cina
  4. Kota Guatemala, Guatemala
  5. Nairobi, Kenya 
  6. New Delhi, India
  7. Kairo, Mesir
  8. Moskow, Rusia
  9. Jakarta, Indonesia
  10. Cannes, Prancis 

Bareksrim urung umumkan capim KPK yang jadi tersangka

Kepala Polisi RI Jenderal Badrodin Haiti membantah berita yang menyebutkan Polri akan mengumumkan nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi, Senin. Badrodin mengatakan pada media bahwa nama tersangka akan diumumkan setelah panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK menyerahkan daftar nama capim ke Presiden Joko “Jokowi” Widodo, untuk menghindari anggapan polisi mengintervensi proses seleksi.

Pernyataan Badrodin ini berbeda dengan keterangan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso yang sebelumnya menyatakan ada tersangka dalam daftar 19 capim KPK. Dia mengancam akan membuka identitas capim yang dimaksud jika panitia seleksi meloloskan kandidat tersebut. Selengkapnya di Rappler.com. 

Pansel KPK serahkan 8 nama capim KPK ke Jokowi hari ini

Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi berunjuk rasa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi terkait penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Bareskrim Mabes Polri, Jumat (23/1/2015). Polri menangkap Bambang Widjojanto dengan alasan terkait dugaan kasus sengketa pilkada Kota Waringin Barat tahun 2010 lalu.

Sementara itu, Pansel KPK akan menyerahkan 8 nama capim KPK yang telah lolos dari wawancara tahap akhir pekan lalu. “Kita ada dasarnya dari hasil tes kesehatan, hasil wawancara, dan masukan dari trackers,” kata Ketua Pansel KPK Destry Damayanti, Senin, seperti dikutip antaranews.com. Destry mengaku tidak kesulitan menetapkan 8 nama tersebut karena telah memiliki kriteria yang jelas. 

Tarif PLN turun mulai hari ini

Tarif Tenaga Listrik (TTL) komersial atau nonsubsidi akan turun per September 2015. 

Merujuk pada siaran pers Perusahaan Listrik Negara (PLN), TTL golongan tegangan rendah akan mengalami penyesuaian Rp 23,17 per kilo Watt hour (kWh) dari Rp 1.546,60 per kWh, menjadi Rp 1.523,43 per kWh.

Sementara itu untuk golongan tegangan menengah dan tinggi, masing-masing mengalami penyesuaian dari Rp 1.218,26 per kWh menjadi Rp 1.200,01 per kWh dan dari Rp 1.086,12 per kWh menjadi Rp 1.069,85 per kWh. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!