Menkopolhukam Luhut: Kuartal pertama 2016 ekonomi membaik

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menkopolhukam Luhut: Kuartal pertama 2016 ekonomi membaik
Pengurangan tarif PPh dan relaksasi ekspor mineral dipertimbangkan masuk dalam paket kebijakan untuk pemulihan ekonomi

JAKARTA, Indonesia — Bagi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan, bicara ekonomi bukan hal baru. Jenderal TNI (purnawirawan) ini pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era Presiden Abdurrachman Wahid.

“Soal listrik pun saya paham betul, karena selama menjadi orang swasta saya punya bisnis listrik,” kata Luhut saat bertemu dengan jurnalis senior dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di kantornya, Selasa, 1 September.

“Saya paham aturan di PLN. Bagaimana perencanaan bisnis. Saya yakin target pembangunan listrik 35.000 megawatt bisa dicapai dalam empat tahun ke depan.”

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, meminta rencana listrik 35.000 MW dievaluasi.

Luhut menyampaikan presentasi berjudul “Kondisi Ekonomi dan Stabilitas Polhukam”. Isinya adalah data historis dan terkini mengenai situasi ekonomi Indonesia.

“Tidak ada pertumbuhan ekonomi tanpa stabilitas politik. Ini bagai anak kembar,” kata Luhut.

Menurut data yang dia paparkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal kedua (Q2) 2015 memang melambat menjadi 4,67 persen dibandingkan dengan Q1 yang tercatat 4,72 persen.

“Tapi pelambatannya lebih sedikit dibandingkan dengan Q4 2014 ke Q1 2015,” kata Luhut, yang masih merangkap jabatan sebagai kepala staf kepresidenan.

Luhut meyakinkan media yang hadir, bahwa Presiden Joko ” Jokowi” Widodo dan tim kabinet siap dengan paket ekonomi yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan memulihkan kepercayaan investor.

“Kuartal pertama 2016 ekonomi kita akan bangkit,” kata dia.

Luhut mengaku terlibat secara langsung dalam perumusan paket kebijakan ekonomi. Kantor kepala staf kepresidenan memasok data-data yang dibutuhkan presiden, seperti memantau harga daging sapi dan ayam dilakukan setiap hari.

Ketika ditanya apa saja yang bakal masuk dalam paket kebijakan ekonomi, Luhut mengelak. Tapi dia tidak membantah bahwa tax amnesty alias pengampunan pajak menjadi pertimbangan.

“Ada rencana penurunan tarif pajak penghasilan, sehingga kita jadi lebih kompetitif dibandingkan dengan negara lain di kawasan ini,” kata Luhut.

Diharapkan jika kebijakan ini diluncurkan, orang bakal memindahkan duitnya ke Indonesia ketimbang parkir di luar negeri.

Usulan relaksasi aturan larangan ekspor mineral juga digodog. Ada kemungkinan pemerintah membuka peluang ekspor mineral bagi pengusaha yang sudah membangun smelter misalnya 40 persen. Mendorong ekspor adalah upaya meraup devisa.

Menjawab pertanyaan soal efektivitas aksi buyback saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Luhut mengatakan pihaknya terus memonitor proses dan jaminan hukum. Buyback dilakukan secara selektif dan bertujuan meningkatkan kepercayaan pasar terhadap kinerja BUMN dan pasar modal juga.

Di Aula Magister Manajemen Universitas Indonesia, Selasa, 1 September, Direktur Pengelola Dana Moneter Internasional Christine Lagarde optimis Indonesia mampu melalui turbulensi pasar uang dan pasar modal kali ini dengan lebih baik.

“Syaratnya adalah perubahan strategi dari berbasis komoditi ke industri berbasis manufaktur dan pertanian yang bernilai tambah,” kata bos IMF itu di depan ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Emil Salim mengusulkan industri berbasis desa.

“Insentif perlu diberikan bagi desa dan pengusaha kecil dan menengah,” kata Emil  dalam acara seminar yang diadakan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia.

Optimisme petinggi negeri dan petinggi IMF nampaknya belum cukup bagi ribuan buruh yang melakukan demo pada Selasa kemarin, 1 September. Di antara tuntutan mereka, adalah menolak pemutusan hubungan kerja akibat pelemahan ekonomi. — Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!