Transformasi Eddie Redmayne menjadi wanita dalam ‘The Danish Girl’

Shinta Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Transformasi Eddie Redmayne menjadi wanita dalam ‘The Danish Girl’
The Danish Girl merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh David Ebershoff

JAKARTA, Indonesia — Persaingan di kategori aktor terbaik dalam ajang Academy Awards tahun depan dinilai akan sengit. Tetapi, ada satu judul yang mencuat dari sekian banyak kandidat, The Danish Girl (2015). Dalam film ini, Eddie Redmayne berperan sebagai Einar Wegener, salah satu pria pertama yang menjalani operasi ganti kelamin.

The Danish Girl merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh David Ebershoff. Film ini bercerita mengenai kisah nyata Einar Wegener (Redmayne), seorang pria yang tinggal di Paris sekitar tahun 1920-an.

Einar dan istrinya yang bernama Gerda Gottlieb (Alicia Vikander) sama-sama berprofesi sebagai seniman. Ketika Gerda menggunakan Einar yang berpakaian sebagai wanita sebagai model dadakan, lukisan karyanya itu pun menjadi terkenal.

Einar yang awalnya merasa nyaman berpakaian sebagai wanita memulai transformasi secara bertahap untuk menjadi wanita seutuhnya. Dengan dukungan dari Gerda, ia menjalani serangkaian proses operasi yang membuatnya berubah menjadi wanita bernama Lili Elbe.

Tetapi, perubahan besar yang dialami oleh Lili membuat rumah tangganya dengan Gerda terguncang. Apalagi, setelah muncul seorang pria yang menjadi orang ketiga dalam pernikahan mereka.

Sebelum dibuat oleh sang sutradara, Tom Hooper, bersama Redmayne dan Vikander, The Danish Girl sudah berpindah-pindah tangan beberapa kali. Sutradara-sutradara seperti Lasse Hallstrom, Tomas Alfredson, Neil LaBute, dan Anand Tucker dikabarkan pernah mempertimbangkan untuk menangani film ini.

Para calon pemerannya pun kerap berganti. Bintang-bintang seperti Nicole Kidman, Gwyneth Paltrow, Charlize Theron, and Rachel Weisz juga pernah menjadi kandidat untuk berperan sebagai Einar dan Gerda.

Setelah membaca naskah karya Lucinda Coxon lima tahun lalu, Hooper baru memutuskan untuk membuat film ini karena tersentuh oleh ceritanya.

The Danish Girl adalah kisah cinta yang luar biasa, dan juga cerita mengenai menemukan diri Anda yang sebenarnya. Saya pertama kali membaca naskah Lucinda saat membuat The King’s Speech dan sangat tergerak dengan kisah nyata ini. Sejak saat itu saya ingin membuat filmnya,” kata Hooper pada The Hollywood Reporter

The Danish Girl akan bergabung dengan daftar panjang film-film yang menceritakan figur transgender di layar lebar. Sebelumnya, Jared Leto pernah menyabet penghargaan Best Supporting Actor di Academy Awards 2014 atas perannya sebagai transgender bernama Rayon di film Dallas Buyers Club (2013).

Felicity Huffman pun pernah meraih nominasi aktris terbaik sebagai transgender di film Transamerica (2005). Sementara Breakfast on Pluto (2005) juga membuahkan nominasi aktor terbaik di ajang Golden Globe bagi Cillian Murphy sebagai Patrick “Kitten” Braden.

Sementara itu, Eddie Redmayne tahun lalu dianugerahi penghargaan Best Actor di Academy Awards untuk perannya di film The Theory of Everything (2014). Di film tersebut, Redmayne menjalani transformasi fisik untuk memerankan Stephen Hawking. Melalui perubahannya yang tak kalah mencengangkan dalam The Danish Girl, banyak yang memprediksi bahwa Redmayne berpotensi untuk mengulangi kesuksesannya tahun lalu.

Tapi, film ini bukan satu-satunya yang mengangkat isu transgender tahun ini. Ada juga About Ray yang dibintangi Elle Fanning dan bercerita mengenai seorang remaja putri yang memilih untuk ganti kelamin menjadi seorang pria bernama Ray. Film karya Gaby Dellal ini didukung oleh Naomi Watts dan Susan Sarandon yang masing-masing berperan sebagai ibu dan nenek dari Ray.

Yang jelas, dengan munculnya berita mengenai figur transgender seperti Laverne Cox dari serial Orange Is the New Black yang sangat populer di Netflix, serta transformasi Caitlyn Jenner yang menyedot perhatian dunia, film seperti The Danish Girl maupun About Ray punya keunggulan karena akan dirilis di momen yang tepat. — Rappler.com

BACA JUGA: 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!