Indonesia

Persib 2-0 Persebaya United: Maung Bandung tetap incar juara grup

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Persib 2-0 Persebaya United: Maung Bandung tetap incar juara grup
Maung Bandung mengaum lantang di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang. Kali ini, korbannya adalah Persebaya United (PU)

BANDUNG, Indonesia – Tiga poin kembali dibukukan oleh Persib Bandung dalam dalam laga lanjutan Piala Presiden 2015 grup A. Persebaya United (PU) dibuat tak berkutik dengan skor kemenangan 2-0.

Gol kemenangan tim kebanggan Bobotoh — sebutan pendukung Persib — itu dicetak striker anyar yang baru bergabung dari Persipura, Zulham Zamrun, pada menit ke-11. Tantan kemudian memperbesar skor pada menit ke-52.

Persib Bandung sejatinya tak tampil langsung menekan pertahanan Persebaya dari menit awal. Itu karena PU berusaha memainkan bola di tengah dan mencoba menguasai permainan.

Namun, Persib tak kehabisan akal. Mereka memainkan bola-bola panjang dengan variasi umpan silang. Klub berjuluk Maung Bandung itu memanfaatkan lebar lapangan untuk membuka pertahanan dan koordinasi rapat PU.

Hasilnya, setelah terkurung selama delapan menit, pada menit ke-9 Persib mulai mendapat peluang gol. Tendangan Tantan yang nyaris menjadi gol masih menyamping tipis.

Gol itu akhirnya datang pada peluang kedua. Melalui pergerakan Tantan dari sektor sayap, dia melepaskan umpan terukur yang berhasil disambar sepakan kaki kiri Zulham. 

Sayang, setelah unggul Maung Bandung harus kehilangan full back kanan andalannya, Supardi Nasir, karena cedera. Akibatnya, Tony Sucipto pindah ke full back kanan dan Jajang Sukmara sebagai full back kiri.

Tertinggal, PU berusaha menyerang balik. Mereka berusaha menyamakan kedudukan dan  terus menekan. Namun, berbagai usaha yang dibangun tim polesan Ibnu Grahan itu tak bisa membuahkan gol. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Persib Bandung mengubah gaya permainan. Mereka langsung memainkan ciri khas permainan bola cepat. Strategi itu rupanya mengejutkan PU. Akibatnya, pada menit ke-52 Persib menggandakan keunggulan via Tantan.
 

Setelah gol kedua, tempo pertandingan menurun dan berjalan monoton. PU tak lagi terlihat ngotot untuk menyamakan kedudukan. Sebaliknya, Persib juga tak lagi terlalu bernafsu menambah gol.

Bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah dan minim peluang tercipta. Skor 2-0 untuk Persib, bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Dengan Kemenangan ini, Persib memastikan diri melaju ke perempat final Piala Presiden. Torehan enam poin Maung Bandung membawa mereka ke posisi aman untuk lolos meski masih ada satu pertandingan lagi.

Sementara itu, Persebaya harus menjadi juru kunci grup A dengan koleksi poin hanya 1. Poin mereka sama dengan Martapura FC tapi defisit PU lebih banyak. Persib Balikpapan berada di posisi runner up dengan tiga poin.

Djadjang tetap incar juara grup

Kemenangan dan kepastian lolos ke perempat final Piala Presiden 2015 tak membuat Djadjang Nurdjaman, pelatih Persib, merasa aman. Menurut dia, ada target awal yang harus bisa tetap diraih, yakni menjuarai grup A.

Sebelumnya, Persib memang ditargetkan lolos sebagai juara grup. Mereka ingin memaksimalkan performa, sampai ke partai puncak. “Kami sudah aman, tapi kami tidak ingin berhenti sekadar lolos,” kata Djadjang usai laga.

Di laga terakhir, Maung Bandung akan berjumpa Martapura FC. Menghadapi tim Divisi Utama tersebut, Persib diyakini tak akan kesulitan untuk mendapatkan poin.

Karena itu, kemungkinan melakukan rotasi pemain cukup terbuka. Tapi, Djadjang belum memastikan apakah akan melakukan rotasi. “Bisa saja, tapi kami tetap ingin juara grup,” katanya. 

Sementara itu, pelatih PU Ibnu Grahan masih belum terima dengan hasil buruk tersebut. Dia menilai timnya seharusnya mendapatkan dua kali penalti.

“Pada awal pertandingan, pemain Persib handsball di dalam kotak penalti. Kedua saat Siswanto jatuh di kotak penalti,” kata Ibnu. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!