Donald Trump investasi di Bali dan Bogor

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Donald Trump investasi di Bali dan Bogor
Pramono Anung: Kalau ada hal yang bekaitan dengan investasi, itu tugas pemerintah

JAKARTA, Indonesia —Menurut keterangan resmi DPR, kedatangan Ketua DPR RI Setya Novanto dan wakilnya Fadli Zon dalam konferensi pers Donald Trump adalah untuk memperkuat investasi Trump di Indonesia. 

Menurut keterangan anggota DPR dari Golkar Tantowi Yahya, Setya (yang juga Golkar) dan Fadli melakukan hal ini dalam konteks ‘diplomasi parlemen’.

Sebenarnya, apa saja investasi pengusaha dan calon presiden Amerika Serikat itu di Indonesia?

Berdasarkan pemberitaan di sejumlah media, terdapat paling tidak dua bentuk investasi bisnis Donald Trump di Indonesia. Keduanya sama-sama berbentuk properti. 

Dilansir oleh Reuters pada 20 Agustus 2015, salah satu unit bisnis Trump yaitu Trump Hotel Collection telah menyepakati kerjasama dengan MNC Grup Indonesia. Mereka sepakat membangun kawasan resor dan permukiman mewah di Bali. Ini diklaim sebagai properti pertama yang dibangun Trump Hotel Collection di Indonesia. 

Setelah di Bali, kerjasama dua grup bisnis ini akan berlanjut ke kawasan Lido, Kota Sukabumi, Jawa Barat. 

“Kemarin kami sudah menyepakati juga untuk di Lido. Itu juga dengan Donald Trump juga. Bentuknya sama juga dengan yang di Bali,” ujar CEO MNC Grup Hary Tanoesoedibjo kepada media belum lama ini. 

Seskab: Investasi urusan pemerintah

Istana merespon alasan DPR tersebut dengan pernyataan singkat, bahwa hal yang terkait investasi adalah bukan urusan DPR tapi urusan pemerintah.

Pokoknya kita nggak mau komentari hal yang bukan tugas utama pemerintah. Tetapi ada catatan saja, kalau ada hal yang bekaitan dengan investasi, itu tugasnya pemerintah” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Senin 7 September 2015. Rappler.com

Baca juga: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!