MotoGP San Marino: Valentino Rossi salah antisipasi

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

MotoGP San Marino: Valentino Rossi salah antisipasi

EPA

Rossi memang kalah di Misano. Tapi jalan dia semakin terang menuju gelar juara musim ini


JAKARTA, Indonesia – Valentino Rossi tak bisa meraih kemenangan di kandangnya sendiri di MotoGP San Marino. Bertarung di Sirkuit Misano, pembalap Movistar Yamaha itu hanya mampu finish di posisi kelima.

Ini adalah kali pertama dalam musim ini tak ada satu pun pembalap utama Yamaha yang berdiri di podium. Ini juga kali pertama rekor 100% podium Rossi di musim ini terhenti.

Meski demikian kekuasaan Rossi di klasemen sementara masih terjaga. Karena saingan terdekatnya, Jorge Lorenzo, justru terlempar keluar.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez adalah pemenang di sirkuit Sirkuit yang juga bernama sirkuit Marco Simoncelli ini. Marquez menguasai podium didampingi Bradley Smith (Yamaha Tech 3) dan Scott Redding (Marc VDS Honda) yang berakhir di posisi kedua dan ketiga.

Hasil mengejutkan itu tak lepas dari cuaca di San Marino yang berubah-ubah. Balapan dimulai dengan cuaca cerah, kemudian hujan, hingga akhirnya kering di akhir balapan.

Cuaca cerah membuat persaingan berjalan seperti diprediksi. Rossi bertempur melawan Lorenzo dan Marquez. Begitu turun hujan, para pembalap mulai mengganti ban. Rossi pun mulai menipiskan jarak dengan Lorenzo dan Marquez.

Namun, drama belum berakhir. Jelang akhir balapan, hujan berhenti. Cuaca pun mulai mengering. Lorenzo dan Rossi pun saling intip kapan waktu yang tepat untuk kembali mengganti ban kering.

Jika waktunya tak tepat, posisi mereka akan diambil oleh pembalap lain. Namun, aksi saling mengintai dua pembalap yang notabene satu tim itu justru berakibat buruk. Lorenzo telat mengganti ban. Ban yang belum panas membuat dia terseret di tikungan 15.

Rossi memang sedikit terlambat. Dia mengganti ban satu lap sesudah Lorenzo. Dia memang mampu mengendalikan ban dengan baik. Tapi, gelar juara di Misano harus direlakan Rossi untuk direbut Marquez.

Sisa waktu balapan tak cukup untuknya menyusul pembalap Spanyol tersebut. Alhasil, Rossi pun harus puas di posisi kelima.

Namun, situasi di klasemen justru menguntungkan Rossi. Jarak Rossi dengan Lorenzi semakin lebar. Selisihnya kini 23 poin. “Saya sedih karena tidak bisa meraih kemenangan. Tapi saya senang karena jarakku semakin jauh,” kata Rossi seperti dikutip Crash.—Rappler.com

Hasil MotoGP San Marino:

Marc Marquez, Repsol Honda
Bradley Smith, Yamaha Tech 3
Scott Reading, Marc VDS Honda
Loris Baz, Forward Yamaha
Valentino Rossi, Movistar Yamaha
Danilo Petrucci, Pramac Ducati
Andre Iannone, Ducati
Andrea Dovizioso, Ducati
Dani Predrosa, Repsol Honda
Aleix Espargaro, Suzuki Ecstar

Klasemen Pembalap: Tiga Besar
Valentino Rossi 247 poin
Jorge Lorenzo 224
Marc Marquez 184

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!