Raja Saudi memberikan kompensasi Rp 3,8 miliar untuk korban crane

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Raja Saudi memberikan kompensasi Rp 3,8 miliar untuk korban crane

EPA

Perusahaan BinLadin dianggap bertanggungjawab atas jatuhnya crane, dan hadapi proses hukum


Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud memerintahkan untuk membayar kompensasi senilai 1 juta riyal Saudi bagi korban dengan disabilitas permanen. Keluarga dari korban meninggal karena jatuhnya crane akan menerima kompensasi senilai 1 juta riyal Saudi.

Merujuk kepada nilai tukar saat ini, 1 juta Riyal Saudi setara dengan sekitar Rp 3,8 miliar. Mereka yang terluka dalam musibah ini juga akan mendapatkan setengah juta riyal Saudi.

Dilansir dari Al Riyadh, ganti rugi ini tidak menghapuskan hak untuk mengajukan tuntutan secara hukum.

Dua keluarga korban meninggal akan diundang menjalankan ibadah haji pada tahun berikutnya, 1437 Hijriah. Biaya akan ditanggung oleh Arab Saudi.

Mereka yang terluka atau sakit karena kecelakaan dan tak dapat menyelesaikan ibadahnya akan diberi ganti rugi untuk mengulangi ibadahnya tahun depan sebagai tamu kerajaan.

Kantor berita AFP juga memberitakan, Raja Saudi Arabia menjatuhkan sanksi bagi grup konstruksi BinLadin atas jatuhnya crane dalam konstruksi di Masjidil Haram. Lebih dari 100 orang meninggal dunia dalam musibah itu. Sebelas diantara yang meninggal dunia adalah jemaah haji dari Indonesia.

Sebuah komisi investigasi menyimpulkan bahwa BinLadin, kelompok bisnis konstruksi berpengaruh di jazirah Arab, bertanggungjawab dalam tragedi yang terjadi pada hari Jumat pekan lalu (11/9).

Perusahaan dianggap tidak “menghormati standar keamanan” di lokasi, demikian pernyataan otoritas pers di Saudi Arabia. Para eksekutif dari BinLadin dilarang meninggalkan wilayah kerajaan Arab Saudi sampai proses hukum terhadap perusahaan tuntas dilakukan.

Selama proses hukum berlangsung, BinLadin akan dilarang terlibat dalam pembangunan proyek baru terkait kepentingan publik. Empat tahun terakhir, perusahaan BinLadin mengerjakan ekspansi 400.000 meter persegi Masjidil Haram, untuk mengakomodasi terus membengkaknya jumlah jemaah haji.

Luasan itu setara dengan 50 lapangan bola dan bisa menampung dua juta jemaah haji pada saat bersamaan.-Rappler.com

BACA JUGA
VIDEO: Detik-detik saat crane jatuh
Ibadah haji akan terus berjalan setelah crane jatuh
Raja menghukum grup BinLadin 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!