Ahmed ditangkap karena membawa jam ke sekolah

Famega Syavira

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ahmed ditangkap karena membawa jam ke sekolah
Ahmed mendapat undangan dari Presiden Obama, Twitter, Facebook, Google, Reddit dan NASA


JAKARTA, Indonesia – Seorang pelajar muslim bernama Ahmed Mohamed (14 tahun) ditangkap polisi karena dituduh membawa bom. Padahal, dia cuma membawa jam rakitannya sendiri untuk proyek sains di sekolah.

“Saya membuat jam agar guru saya terkesan. Tapi saat saya tunjukkan padanya, dia berpikir itu adalah ancaman untuknya,” kata Ahmed pada wartawan seperti dikutip dari CNN.

“Mereka menahan saya dan menyatakan bahwa saya melakukan tindak kriminal dengan membawa bom palsu.” Ahmed dibawa keluar dari sekolahnya ,MacArthur High School, dengan borgol di tangan dan diinterogasi di kantor polisi.

Polisi menyatakan bahwa setelah diinvestigasi, benda yang dibawa Ahmed memang hanya sebuah eksperimen rumahan, bukan bom.



Netizen langsung bereaksi dengan menggunakan hastag #istandwithAhmed dan mengecam tindakan penangkapan itu sebagai sesuatu yang di luar akal sehat.

“Dengan salah mengira Ahmed membawa bom, artinya kita juga mengira dia adalah seorang pembuat bom,” kata pemilik akun twitter @JAMyerson.


Tapi yang terjadi selanjutnya adalah bukti bahwa rasisme tidak mendapat tempat di dunia modern.

Presiden Barack Obama sendiri mengundang Ahmed untuk datang ke Gedung Putih. “Kita harus menginspirasi lebih banyak lagi anak-anak sepertimu untuk menyukai sains. Itulah yang membuat Amerika hebat,” kata Obama.

Twitter menawarkan kesempatan magang untuk Ahmed.




Bersaing dengan Reddit yang juga memberikan tawaran magang melalui tweet Alexis Ohanian, cofounder Reddit.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, masa depan justru ada di tangan orang seperti Ahmed. Mark mengundang Ahmed mampir ke kantor Facebook.

You’ve probably seen the story about Ahmed, the 14 year old student in Texas who built a clock and was arrested when he…

Posted by Mark Zuckerberg on Wednesday, September 16, 2015


Google mengundang Ahmed datang ke Pekan Sains mereka.



Dukungan juga datang dari NASA. Saat ditangkap, Ahmed mengenakan kaos NASA.  

“Rasanya benar-benar luar biasa,” kata Ahmed mengenai undangan tersebut seperti dikutip dari NYTimes. Tapi Ahmed tidak memikirkan dirinya sendiri. “Saya akan menggunakan kesempatan ini tidak hanya untuk saya tapi untuk anak-anak lain di dunia yang punya masalah serupa.” Anak baik! – Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!