Presiden ingin Sail Tomini berkelanjutan

Famega Syavira

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Presiden ingin Sail Tomini berkelanjutan
Sail Tomini ini laut, teluk dan pantainya sangat indah, tapi...

PARIGI MOUTONG, Sulawesi Tengah-Presiden Joko Widodo meminta ada tindak lanjut setelah penyelenggaraan Sail Tomini di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, 19 September 2015. “Bukan sekali datang lalu selesai, tapi harus ada keberlanjutan dalam acara ini,” kata Joko Widodo pada acara puncak Sail Tomini di Pantai Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu, 19 Septmber 2015.

“Sail Tomini ini laut, teluk dan pantainya sangat indah. Tapi…,” kata jokowi yang disambut dengan tawa para hadirin.

“Tapi Sail Tomini perlu dipasarkan satu hingga dua tahun sebelumnya agar semua orang tahu,” kata dia. DIa meminta acara Sail selanjutnya dirpomosikan jauh-jauh hari di media-media, tak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Jokowi juga meminta pemasaran juga dilakukan via media sosial untuk meraih perhatian lebih banyak orang.

Dia tak merinci apa yang dimaksud dengan kelanjutan acara. Yang penting, ada tindak lanjut entah setiap pekan atau setiap bulan.

Itu baru poin pertama kritikan Jokowi terhadap Sail Tomini. Selanjutnya dia mengkritik para penari yang tampil membawakan tarian tradisional. “Saya senang melihat ada tari tradisional. Kostumnya bagus. Tapi…” kata Jokowi lagi. Para hadirin tertawa mendengar Jokowi tak menyelesaikan kalimatnya.

Joko melanjutkan penjelasannya, bahwa penampilan para penari akan lebih bagus jika mereka punya penata kostum dan koreografer. Dia memanggil salah satu penari dan bertanya berapa lama para penari berlatih. Lita, salah satu penari, menjawab bahwa mereka sudah berlatih selama tiga bulan. Menurut Jokowi, tiga bulan tak cukup untuk bersiap-siap. Seharusnya setahun atau dua tahun yang lalu sudah mulai berlatih.

“Jadi saya titip agar diperhatikan, marketing dan penyiapan produknya,” kata Jokowi. Dia juga memberi ide agar acara Sail selanjutnya dapat dilakukan pada sore hari saat matahari terbenam, atau pada malam hari agar bisa menggunakan lampu-lampu untuk mendramatisir suasana.

“Saya kita itu yang saya ingin sampaikan,” kata Jokowi menutup pidatonya yang hampir seluruhnya berisi kritikan dan saran untuk penyelenggaraan acara Sail Tomini.

PENARI. Beberapa anak yang ikut menari dalam acara Sail Tomini.

Menteri Puan Maharani menyatakan bahwa Sail Tomini bertujuan untuk membangun kesadaran sebagai bangsa bahari dan maritim. “Dan juga demi percepatan pembangunan desa tertinggal di pesisir,” kata dia. Menurutnya, pelaksanaan Sail Tomini kali ini sudah melibatkan 25 kementrian dan lembaga, TNI, POLRI, BUMN dan perusahaan-perusahaan swasta.

BAJU ADAT. Puluhan remaja dengan baju adat menyambut kedatangan Presiden.
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menilai bahwa laut adalah bagian tak ternilai dari kekayaan alam Sulawesi Tengah. “Laut adalah jawabannya, jika dimanfaatkan dengan baik,” kata dia. Gubernur meminta agar pemerintah pusat memberikan dukungan berupa penyiapan SDM yang kiat, pembangunan infrastruktur , terutama jalan dan perbaikan regulasi.

Sail Tomini telah digelar sejak 5 Mei 2014, dan acara hari Sabtu, 19 September ini menjadi puncak acara. Kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian Sail Tomini antara lain penjelajahan pulau-pulau terpencil dan Kapal Pemuda Nusantara yang membawa para pelajar Indonesia selama sebulan berkeliling pulau. Ada pula tur diplomatik yang membawa perwakilan 22 negara melihat-lihat potensi Sulawesi Tengah.

Acara puncak Sail Tomini ini juga dimeriahkan tiga pesawat Sukhoi yang terbang di hadapan para penonton. Salah satu pesawat itu melakukan aksi menukik ke atas dengan posisi tegak lurus. Selain aksi sukhoi, acara dimeriahkan parade kapal perang, diawali dengan KRI Teluk Bintuni, dan disusul dengan kapal-kapal delegasi dari negara tetangga yakni Tiongkok, Korea Selatan, SIngapura, dan Malaysia.

Para penerjun payung dan  juga memamerkan kebolehan mereka di hadapan ribuan penonton yang memadati lokasi Sail Tomini. Aneka kapal lain seperti kapal nelayan maupun yacht kecil juga ikut berparade di deepan para hadirin.

Teluk Tomini adalah teluk terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 59.500 km persegi. Lokasi Sail Tomini ini berada di garis khatulistiwa, dengan tugu khatulistiwa yang berada di bukit. Teluk ini merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia, yaitu tempat yang memiliki ekosistem laut yang paling beragam di seluruh dunia.– Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!