Kemenkumham rencana isolasi Gayus Tambunan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kemenkumham rencana isolasi Gayus Tambunan

EPA

Sudah dua kali Gayus kepergok berada di luar penjara

 

JAKARTA, Indonesia — Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Gayus Tambunan kembali terlihat di luar penjara. Apa hukuman buat dia? 

“Kalau memang terbukti, kita isolasi,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakat I Wayan Dusak, Senin, 21 September. 

Foto Gayus berada di sebuah restoran bersama dua orang perempuan beredar luas di media sosial. Alih-alih mengenakan seragam penjara, Gayus menggunakan celana jeans, kaos biru dan topi biru. Ada telepon genggam di hadapannya. 

Ini adalah kali kedua Gayus terlihat di luar penjara, sementara seharusnya berada di dalam penjara. Sebelumnya, dia pernah kepergok nonton turnamen tenis di Nusa Dua, Bali pada November 2010. 

“Tadi kita sudah tanya Pak Menteri, usul isolasi saja, yang terkait pelanggaran aturan itu dikenakan sanksi sesuai aturan,” kata Dusak. 

Kemenkumham sudah mengirim tim untuk memeriksa petugas yang mengawal Gayus. 

“Kita tadi kirim tim. Pasti kita kenakan sanksi siapapun yang bersalah. Kalau anak buah kami, kami yang menghukumnya. Enggak ada toleransi,” tegas Dusak.

Dusak mengatakan bahwa foto Gayus diambil pada 9 September untuk mengikuti sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Utara. 

“Apakah kalau keluar sidang bisa singgah ke restoran? Nah itu yang sedang kita selidiki. Dia keluar di situ atau di restoran atau di mana, bisa saja di pengadilan kan ada restoran.”

Namun Kepala Sub Direktorat Komunikasi Dirjen Pemasyarakatan Akbar Hadi membela Gayus. 

“Mekanisme pengeluaran sudah sesuai prosedur yaitu melalui sidang TPP dan pengawalan dari pihak lapas dan kepolisian. Bila ternyata selama pengawalan ternyata ada kelalaian petugas tentu akan ditindak tegas,” ungkap Akbar.

Gayus dihukum total 30 tahun penjara untuk beberapa kasus terkait penggelapan dan rekayasa pajak. — Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!