Jakarta Comic Con 2015: Film Single karya Raditya Dika

Shinta Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jakarta Comic Con 2015: Film Single karya Raditya Dika
“Single ini adalah tentang seorang cowok bernama Ebi, yang susah ngomong sama perempuan, dan selalu bingung cara mendekati perempuan"

 

JAKARTA, Indonesia — Film terbaru karya Raditya Dika yang berjudul Single digelar dalam panel presentasinya di hari kedua Jakarta Comic Con 2015. Selain Dika yang berperan sebagai sutradara dan penulis naskah, ia juga membawa para pemeran filmnya, yaitu Pandji Pragiwaksono, Annisa Rawles, Babe Cabiita, Chandra Liow, dan Elvira Devinamira.

Menurut Dika, film Single dibuat untuk menggambarkan permasalahan yang sering dialami orang-orang yang tidak memiliki pacar. 

“Kita mau meng-capture kegelisahan-kegelisahan orang-orang  yang jomblo dan single di Indonesia. Kita pasti punya masalah dengan percintaan, terutama laki-laki,” kata Dika.

“Kalau orang yang jomblo lama, pasti punya problem. Problemnya itu nggak tahu cara ngomong sama cewek, selalu dapat nasehat yang salah dari teman-teman, misalnya. Itu yang dicoba di-capture di situ.”

Film Single sendiri bercerita mengenai sosok pria jomblo bernama Ebi yang diperankan oleh Dika. Dalam panel presentasi ini, Dika menceritakan tentang garis besar cerita filmnya, dan deskripsi tokoh utama yang dia mainkan.

Single ini adalah tentang seorang cowok bernama Ebi, yang susah ngomong sama perempuan, dan selalu bingung cara mendekati perempuan. Dia ngekos, teman-temannya ada dua manusia ini [Pandji dan Babe],” kata Dika.  

“Dan di kosannya tuh suatu hari tiba perempuan cantik dan baik hati bernama Angel, yang kakak-adek-an sama pria kampret ini [Chandra]. Jadi mereka kayak abang-adek-an.” 

“Kalian tahu kan? Pasti pernah ngalamin kan? Kayak gitu. Nah, Ebi kan mencoba untuk masuk dalam kehidupannya si Angel, tapi selalu dihalangi sama dia [Chandra]. Jadi gue adalah Ebi-nya, cowok cemen-nya.”

Selain Dika, para pemeran lain juga memperkenalkan karakter mereka satu per satu pada para pengunjung panel ini.

“Di film Single saya berperan sebagai Wawan. Wawan ini adalah sahabatnya Ebi dan Viktor. Di antara kita bertiga mungkin saya yang paling, apa ya, keren lah. Saya yang paling ngerti gimana caranya deket sama perempuan, dapetin cewek,” kata Pandji.

Ada juga Babe Cabiita yang berperan sebagai Viktor. Ia menjelaskan karakternya sebagai sosok cowok yang imut dan penakut. 

Gadis yang ditaksir oleh Ebi, Angel, diperankan oleh Annisa Rawles. Sosok kompetitor Ebi dalam merebut perhatian Angel, Joe, diperankan oleh Chandra Liow. Sementara itu, Elvira Devinamira berperan sebagai Vina, teman lama Ebi yang sudah lama tidak ditemuinya.

Melalui karakter-karakter ini, Dika mencoba untuk merekam masalah-masalah seputar hubungan percintaan yang terjadi, baik pada mereka yang belum maupun sudah berpasangan.

“Ebi jomblo dan nggak bisa ngomong sama perempuan. Joe selalu cuma dianggap “Abang” doang sama si Angel, padahal dia suka udah lama. Dan Wawan, orang selalu bilang pacarnya selingkuh, dia tidak pernah percaya. Si Viktor, dia pacaran, tapi pacarannya karena orang tuanya merestui. Supaya orang tuanya happy. Padahal nggak sayang-sayang amat,” kata Dika.

Dalam panel presentasi ini, teaser trailer film Single yang berdurasi di bawah satu menit juga diputar perdana untuk pengunjung yang datang.

  

Film Single yang sebagian besar terinspirasi dari pengalaman pribadi ini dibuat skenarionya dalam waktu 8 bulan. Para pemerannya menjalani proses reading selama 3 sampai 4 bulan. 

Sementara itu, total syutingnya sendiri diselesaikan dalam waktu 32 hari. Syuting tidak hanya dilakukan di Jakarta, tapi juga di Bali. 

Ketika di Bali, ada hal lucu yang terjadi ketika mereka syuting di pantai. Babe yang ternyata tidak bisa berenang di laut mengalami kesulitan karena naskahnya mengharuskan dirinya dan Pandji untuk syuting sambil berenang. Pandji yang sadar akan hal ini mencoba untuk menjaga Babe setiap kali take dengan memastikan bahwa rekannya ini tidak tenggelam.

“Si Pandji itu bisa berenang, jadi setiap kali action, mereka masuk air, gue melihat dengan mata kepala gue sendiri si Pandji nyariin, ‘Mana Babe, mana Babe?’” kata Dika sambil tertawa lepas.

Selain adegan berenang, Babe juga mengalami pengalaman lucu lain saat syuting, yaitu ketika ia berada dalam satu adegan hanya mengenakan celana dalamnya saja. Dalam take yang berlangsung selama 3 jam itu, Babe hanya mengenakan selembar celana dalam putih yang tidak boleh didobel. Para pemeran lain tertawa mengingat momen yang membuat Babe terlihat sebagai bulan-bulanan ini.

Di ujung sesi presentasinya, Dika mencoba untuk membagikan apa yang ditawarkannya dalam film terbarunya ini. 

“Jadi film ini mencoba untuk bertanya, mana yang lebih baik, single atau pacaran tapi dipaksakan?”

Untuk menjawab pertanyaan itu, penonton masih harus bersabar karena film Single sampai saat ini masih belum memiliki tanggal putar di bioskop. — Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!