Blatter, Platini dilarang FIFA terlibat aktivitas sepak bola

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Blatter, Platini dilarang FIFA terlibat aktivitas sepak bola
Sekretaris Jenderal Jerome Valcke juga menerima sanksi yang sama. Dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang menjadi alasan dijatuhkannya sanksi ini

JAKARTA, Indonesia — Presiden Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) Joseph Sepp Blatter bersama sang wakil yang juga Presiden Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) Michel Platini dan Sekretaris Jenderal Jerome Valcke diganjar sanksi tak boleh terlibat dalam aktivitas terkait sepak bola oleh Komite Etik independen FIFA.

Sanksi ini akan berlaku selama 90 hari ke depan dan dapat diperpanjang selama 45 hari sementara Komite Etik melanjutkan proses investigasi terhadap ketiganya. Blatter, Platini dan Valcke diduga tersangkut kasus korupsi dan penyalahgunaan wewenang.

Dilansir oleh BBC, pemeriksaan terhadap Blatter dimulai oleh Komite Etik pasca Kejaksaan Agung Swiss mengungkapkan dugaan keterlibatan Blatter dalam penandatangan sebuah kontrak yang merugikan FIFA.  

Platini belakangan ikut tersangkut karena diduga menerima dana sebesar 2 miliar euro dari Blatter. Dana tersebut diklaim sebagai pembayaran jasa konsultasi yang diberikan Platini pada Blatter. 

Sementara itu Valcke memang sudah dibebastugaskan sejak bulan lalu karena diduga terlibat dalam kasus manipulasi harga tiket pada Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Jerman. 

Kasus ini menambah panjang daftar skandal dugaan korupsi yang membelit FIFA. Sebelumnya pada Mei, sejumlah pejabat FIFA ditangkap oleh biro detektif Amerika Serikat (FBI) yang bekerja sama dengan kepolisian Swiss karena diduga terlibat dalam kasus penyuapan dan pencucian uang. Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!