Apakah iPhone 5 masih layak beli saat ini?

Iqbal Kurniawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Apakah iPhone 5 masih layak beli saat ini?
Bila dibandingkan dengan seri iPhone 6/6 Plus, atau ponsel Android terbaru lainnya, iPhone 5 kalah dari sisi hardware, tapi ...

iPhone 5, smartphone generasi keenam yang dirilis oleh Apple 2012 lalu, saat ini telah berusia hampir tiga tahun.

Bila dibandingkan dengan seri iPhone 6/6 Plus, atau bahkan berbagai ponsel Android terbaru lainnya seperti Xiaomi Mi4i atau Samsung Galaxy S6, iPhone 5 jelas kalah mumpuni dari sisi hardware.

iPhone 5 “hanya” dibekali dengan prosesor A6 (1,3 GHz dual core processor) dengan RAM sebesar 1 GB.

Selain itu, sensor kamera belakang dan depan dari smartphone tersebut yang sebesar 8 dan 1,2 megapixel terasa ketinggalan zaman dibandingkan generasi smartphone paling baru.

Lalu, apakah iPhone 5 masih layak untuk dibeli saat ini? Saya dapat dengan pasti menjawab: Ya.

 

Berikut alasannya:

  • iPhone 5 masih mendapatkan dukungan Apple yang akan merilis iOS 9 tahun ini. Dengan demikian, ponsel ini masih dapat menikmati fitur-fitur baru (walaupun mungkin tidak semua) yang akan dihadirkan Apple.
  • Merasa RAM 1 GB dan processor dual-core ketinggalan zaman? Jangan remehkan Apple. Performa iPhone 5 bisa dibilang masih lebih bagus dibandingkan smartphone Android dengan spec mirip, atau bahkan lebih tinggi di atas kertas (pengalaman pribadi).
  • iPhone 5 tidak mendukung jaringan 4G? Jangan takut, saat ini pemerintah telah mengesahkan peraturan untuk mengizinkan para operator seluler untuk mengoperasikan 4G di bandwidth 1.800 MHzyang didukung oleh iPhone 5.
  • Harganya terlampau mahal? Terakhir saya cek, harga iPhone 5 ada di kisaran harga Rp 3-4 juta (tergantung besaran memori). Bukan harga yang murah untuk sebuah ponsel berusia hampir tiga tahun. Namun, ini juga menjadi nilai lebih karena harga ponsel ini tidak serta merta terjun bebas ketika model barunya muncul seperti smartphone Android kebanyakan.
  • Semua game yang mendukung iPhone saat ini bisa dimainkan dengan lancar dengan menggunakan iPhone 5. Seberapa lancar? Setidaknya main Vainglory saja masih terasa nyaman.
  • Kecenderungan developer game mobile saat ini masih mengutamakan untuk merilis versi iOS dibandingkan versi Android. Dengan memiliki iPhone 5, kamu bisa mengakses seluruh game yang ada di Apple Appstore.
  • Kamera 8 megapixel terlalu kecil? Saya justru bertanya balik, “Buat apa megapixel besar-besar kalau hasilnya tetap blur atau gelap?” iPhone 5 menurut saya memiliki kualitas kamera yang terbilang bagus, termasuk di tempat dengan sedikit cahaya.

Setidaknya itu adalah beberapa hal yang bisa saya utarakan sebagai pengguna iPhone 5 hingga saat ini. Saya belum berminat untuk mengganti smartphone milik saya dalam jangka beberapa tahun ke depan. Setidaknya hingga iPhone 5 tidak lagi didukung oleh Apple, atau bila suatu saat ponsel saya tidak bisa digunakan lagi (karena rusak atau hilang … jangan sampai deh).

Apakah sekarang kamu mulai tertarik dengan iPhone 5? —Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia.

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!