5 makanan di Sumatera Barat yang wajib dicoba

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 makanan di Sumatera Barat yang wajib dicoba
Dari rendang hingga sate padang, wajib kamu coba jika berkunjung ke Sumatera Barat

JAKARTA, Indonesia—Sumatera Barat memang terkenal dengan kulinernya yang khas. Ini terlihat dari restoran Padang sangat mudah dijumpai di berbagai pelosok negeri.

Jika berkesempatan mengunjungi Padang dan sekitarnya, lima kuliner di bawah ini tidak boleh kamu lewatkan.

1. Rendang

Foto dari Stu Spivack/wiki commons

Rendang adalah makanan khas Minangkabau yang pernah masuk ke dalam daftar hidangan terlezat di dunia versi CNN Internasional.

Demi menciptakan cita rasa tinggi, rendang biasanya dimasak dalam waktu yang lama, dan dipanaskan berulang-ulang dengan santan.

Jika kamu sempat berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat, kamu harus datang ke restoran Simpang Raya yang berada tepat di samping lapangan jam gadang. Restoran ini merupakan kedai Simpang Raya pertama di Indonesia, sebelum membuka cabang di berbagai daerah. Di sini kamu bisa menikmati rendang kering berwarna coklat yang rasa pedasnya pas dan menggugah selera.

2. Nasi Kapau

NASI KAPAU. Berbagai lauk pauk khas daerah Kapau disajikan. Foto dari Sakinah Ummu Haniy/Rappler.com

Nasi kapau mengambil nama dari wilayah asalnya, Kapau, Sumatera Barat.

Berbeda dengan nasi padang pada umumnya, makanan ini terdiri dari nasi, sambal, dan dilengkapi dengan lauk pauk khas Kapau, serta tak ketinggalan gulai nangka yang menjadi ciri khas nasi kapau.

Nasi kapau paling terkenal di Sumatera Barat dapat dijumpai di Pasar Lantai Wisata Lantai Dasar, Bukittinggi. Nasi Kapau Uni Lis menyajikan beragam pilihan lauk pauk dengan rasa yang sangat enak. Restoran ini merupakan restoran terbaik nomor lima di Sumatera Barat versi situs penasehat perjalanan Tripadvisor.

3. Ayam Pop

AYAM POP. Foto dari wiki commons

Ayam pop adalah jenis olahan ayam yang direbus dengan air kelapa. Sama seperti rendang, ayam pop merupakan sajian khas Sumatera Barat yang juga sering dijumpai di restoran padang di seluruh Indonesia.

Di balik tampilannya yang terkesan polos dan sederhana, ayam pop memiliki cita rasa gurih yang tak ada duanya. Apalagi jika dipadukan dengan sambal merah yang biasa mendampinginya.

Di restoran Simpang Raya, yang memiliki tagline “Istana Ayam Pop” kamu bisa mencoba ayam pop, lengkap dengan nasi hangat yang membuat makan menjadi lebih nikmat.

4. Teh Talua

TEH TALUA. Foto dari Sakinah Ummu Haniy/Rappler.com

Sesuai dengan namanya, teh talua adalah minuman khas Minangkabau yang mencampurkan teh dengan talua — telur dalam bahasa Minang — yang kemudian ditambahkan gula untuk menciptakan rasa manis.

Dalam sejarahnya, teh talua biasanya diminum oleh para petani untuk menambah stamina mereka. Namun saat ini teh talua dapat dijumpai di warung-warung maupun restoran yang menjual masakan khas Sumatera Barat.

5. Sate Padang

Foto dari Sakinah Ummu Haniy/Rappler.com

Di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, sate padang sangat mudah dijumpai, dari restoran besar hingga penjual gerobak.

Sate padang adalah sate khas minangkabau yang terdiri daging, lidah, atau usus sapi, yang diberi bumbu pedas. Setiap daerah memiliki kekhasannya tersendiri, seperti sate padang yang berasal dari daerah Padang Panjang bumbunya berwarna kuning, sedangkan sate dari Pariaman bumbunya berwarna merah.

Salah satu restoran yang paling terkenal adalah restoran Sate Mak Syukur yang berada di Padang Panjang. Restoran ini juga telah membuka banyak cabang di berbagai daerah di Indonesia. Tapi tentu saja, kamu tidak boleh ketinggalan untuk makan di tempat asalnya.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!