Polisi amankan ratusan suporter rusuh jelang final Piala Presiden di GBK

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polisi amankan ratusan suporter rusuh jelang final Piala Presiden di GBK
Ratusan perusuh tidak memiliki tiket nonton final Piala Presiden di GBK tapi memaksa untuk masuk

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Polisi mengamankan setidaknya ratusan oknum suporter yang melakukan kerusuhan di kawasan Hall Basket Senayan hingga ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebelum laga final Piala Presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC Palembang, pada Minggu, 18 Oktober.

Ratusan oknum suporter tersebut kedapatan tidak memiliki tiket namun bergerombol di sekitar Hall Basket dan mencoba masuk ke kawasan SUGBK.

“Belum kami hitung pelakunya, tapi sekitar seratusan suporter The Jak yang tidak memiliki tiket tapi memaksa untuk tetap berada di dalam kawasan stadion. Mereka akan dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa lebih lanjut,” kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Harry Sulistiadi depan Hall Basket Senayan, merujuk kepada JakMania, sebutan untuk penggemar Persija Jakarta.

Ratusan pemuda berusia belasan tahun tersebut diamankan kemudian disuruh berbaris, dan diangkut ke Mapolda Metro Jaya. Sebagian dari pemuda tersebut kedapatan mengenakan atribut Persija Jakarta berupa gelang.

Ketika akan ditangkap polisi, ratusan pemuda itu ada yang memanjat pagar kawasan SUGBK dan sebagian lainnya bersembunyi di balik gerobak pedagang atau masuk ke wilayah Hall Basket.

Ribut di Patal Senayan

Sementara itu, puluhan perusuh kembali terlihat melakukan pelemparan batu di Jalan Patal Senayan, di sekitar GBK. 

Puluhan pemuda berusia belasan tahun tersebut terpaksa diamankan polisi setelah mengganggu ketertiban dan melempar batu ketika hendak dibubarkan.

Sebagian dari oknum suporter tersebut mengenakan kaus berwarna oranye sehingga pihak kepolisian meminta mereka untuk melepaskan baju.

Menurut polisi, gerombolan oknum suporter itu datang dari berbagai wilayah di antaranya, Joglo, Kemayoran, Depok, Cengkareng, hingga Bekasi.

Sampai saat ini polisi masih menginterogasi adanya oknum yang sengaja mengumpulkan yang diduga suporter Persija Jakarta dari berbagai wilayah tersebut untuk berkumpul di sekitar Senayan.

Sebelumnya memang diantisipasi akan terjadi kerusuhan mengingat Persib Bandung akan bermain di Jakarta, markas saingan utama mereka, Persija Jakarta.

Sekitar 12.000 aparat keamanan dari kepolisian mengamankan daerah GBK dan sekitarnya untuk mencegah bentrok. —Dengan laporan dari Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!