Myanmar

Real Madrid vs Paris Saint-Germain: Misi Laurent Blanc jawab kritikan

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Real Madrid vs Paris Saint-Germain: Misi Laurent Blanc jawab kritikan

EPA

Mantan pemain Inter Milan dan Manchester United ini dianggap belum bisa mengangkat performa klub di level Eropa, meski sudah menguasai semua gelar domestik

JAKARTA, Indonesia — Pertemuan pertama antara Real Madrid versus Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions pada 21 Oktober lalu berlangsung tanpa gol. Laga berjalan membosankan.

Bagaimana dengan pertemuan kedua mereka Rabu, 4 November, pukul 2:45 dini hari WIB nanti?

Pertandingan pertama yang digelar di Parc de Princes, kandang PSG minim kreativitas. Real hanya mampu melepas 5 tembakan akurat. Begitu juga PSG yang hanya 4 tembakan.

Real yang biasa bermain menyerang justru tampil konvensional. Mereka bermain dengan formasi konservatif 4-4-2, menempatkan Cristiano Ronaldo dan Isco sebagai duet penyerang di depan. Tak pelak, formasi tersebut mematikan kreasi serangan Real yang biasanya cepat dan eksplosif.

Akibatnya, Real lebih banyak bertahan. Sebaliknya, PSG yang justru tampil atraktif. Mereka konsisten dengan formasi sepak bola menyerang 4-3-3. Ujung tombak diisi trio maut Angel Di Maria, Zlatan Ibrahimovic, dan Edinson Cavani.

Sayang, sejumlah peluang tak bisa mereka selesaikan karena kegemilangan kiper Keylor Navas. Namun, penguasaan bola hingga 54 persen tak bisa menipu bahwa PSG memang tampil lebih apik dibanding Real.

Kini, klub berjuluk Les Parisiens itu ganti bertandang ke kandang Real. Sebagian besar pemain yang tampil di Parc de Princes bisa dibawa ke Santiago Bernabeu, kandang Real. Hanya bek Marquinhos yang absen.

Namun, pelatih PSG Laurent Blanc tidak perlu cemas. Sebab, David Luiz telah pulih dari cedera. Bek keriting tangguh asal Brasil itu bisa mengawal gawang Kevin Trapp. Berduet bersama rekan senegara, Thiago Silva.

Blanc bakal menginstruksikan para pemainnya untuk tampil lebih ngotot. Sebab, kemenangan akan menjamin mereka lolos ke babak selanjutnya—meski masih tersisa 2 laga lagi. Ini dengan catatan Malmo kalah dari Shakhtar Donetsk.

Selain itu, motivasi Blanc sedang berlipat. Pasalnya, posisi dia sedang dalam sorotan. Manajemen terus memantau kinerjanya. Mantan pemain Inter Milan dan Manchester United itu dianggap belum bisa mengangkat performa klub di level Eropa, meski sudah menguasai semua gelar domestik.

Dengan kontrak yang berakhir musim ini, tak ada pilihan lain bagi mantan kapten timnas Perancis itu untuk menginstruksikan pasukannya menyerang habis-habisan.

“Hasil 0-0 tidak akan cukup. Kami sangat berambisi untuk menguasai petandingan ini. Kami memiliki kemampuan teknis dan fisik yang baik. Dua hal itu akan membuat kami meraihnya,” kata Blanc seperti dikutip situs resmi UEFA.

Madrid ditinggal para pemain utama

Situasi Real masih sama saat mereka menjalani laga pertama melawan PSG. Sejumlah pemain kunci absen. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Karim Benzema, Daniel Carvajal, dan Luka Modric masih diragukan bisa tampil.

Karena itu, beberapa pemain junior akan dimainkan entrenador (pelatih) Real Rafael Benitez. Danilo bisa menempati bek kanan menggantikan Carvajal. Posisi penyerang tengah juga bisa ditempati Jese untuk mengisi pos yang ditinggal Benzema. 

Dengan banyaknya pemain utama yang absen, Benitez bisa kembali memainkan skema 4-4-2 demi bermain aman. Skema tersebut membuat mereka lebih bertahan dan meredam agresivitas PSG. Serangan balik bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecepatan Ronaldo.

Sejauh ini, Benitez sudah cukup puas meski timnya tak banyak kreativitas. “Tim telah melakukan apa yang saya minta. Bagaimanapun juga, saya cukup puas. Masih ada ruang untuk berkembang bagi mereka,” katanya.

“Kami tampil bagus di Paris. Kami tinggal memaksimalkannya di Bernabeu,” tambah mantan pelatih Liverpool dan Chelsea itu. — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!