CEO AirAsia Tony Fernandes: Industri penerbangan harus belajar dari insiden QZ8501

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

CEO AirAsia Tony Fernandes: Industri penerbangan harus belajar dari insiden QZ8501

AFP

'Banyak yang bisa AirAsia pelajari dari pengalaman ini, begitu pula industri penerbangan. Kami akan memastikan industri belajar dari insiden tragis ini,' kata Tony Fernandes

JAKARTA, Indonesia — Pemilik dan pendiri maskapai penerbangan AirAsia Tony Fernandes mengakui bahwa masih banyak yang bisa dipelajari oleh industri penerbangan melalui insiden tragis jatuhnya QZ8501.

“Banyak yang bisa AirAsia pelajari dari pengalaman ini, begitu pula pembuat pesawat, dan industri penerbangan. Kami akan melalukan apapun dan memastikan industri (penerbangan) belajar dari insiden tragis ini,” kata Fernandes melalui akun Twitter-nya, Selasa, 1 Desember. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), usai merilis hasil investigasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 pada 28 Desember 2014 lalu.

“(Saya) ingin mengucapkan terima kasih kepada KNKT yang telah melakukan investigasi sepenuhnya. Pikiran saya untuk keluarga (korban) dan kru yang tetap menjadi prioritas utama kami,” kata Fernandes melalui akun Twitter-nya, Selasa, 1 Desember.

Sebelumnya pada hari yang sama, KNKT merilis hasil investigasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pada 28 Desember 2014 silam.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Pelaksana Tugas Kepala Sub Komite Investigasi Kecelakaan Transportasi Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan pesawat jatuh karena kehilangan daya angkat. 

“Pengendalian pesawat oleh awak pesawat secara manual menyebabkan pesawat masuk dalam kondisi yang disebut upset condition dan stalk,” kata Nurcahyo.

Nurcahyo mengatakan pesawat tersebut seolah-olah dalam kondisi cuaca buruk karena sayap kehilangan daya angkat. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!