Prediksi awal 8 besar Piala Jenderal Sudirman

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Prediksi awal 8 besar Piala Jenderal Sudirman
Grup E Piala Jenderal Sudirman diprediksi lebih panas. Siapa yang akan melaju ke semifinal?

JAKARTA, Indonesia — Babak delapan besar Piala Jenderal Sudirman akan berlangsung kembali dalam format home tournament. Delapan tim dibagi dalam dua grup dengan masing-masing terdiri dari empat tim.

Siapa yang bakal lolos ke babak semi final?

Grup D terdiri dari PS TNI, Mitra Kukar, Persija Jakarta, dan Semen Padang. Pertandingan akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Sedangkan Grup E, pertandingannya digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan akan mempertemukan Arema Cronus, Persipura Jayapura, Pusamania Borneo FC, dan Surabaya United (SU).

Melihat komposisi tim, persaingan Grup E akan lebih panas. Setelah Persib Bandung gugur di babak pertama, Arema dan Persipura adalah dua tim favorit juara. Keduanya ada di grup E.

Performa tim Mutiara Hitam—julukan Persipura—memang belum terlalu meyakinkan di fase penyisihan grup. Tapi status mereka sebagai tim besar Indonesia Super League (ISL) tak akan luntur.

Pembentukan tim yang mepet bisa jadi salah satu alasan mereka belum tampil meyakinkan. Seiring waktu, tentu mereka bisa memperbaiki hal ini dan kembali tampil garang. 

Rival utama Persipura jelas Arema. Klub kebangaan warga Malang itu meraih hasil sempurna di babak pertama turnamen dengan menyapu bersih empat kemenangan. Meski tertolong faktor tuan rumah (babak pertama turnamen digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang), permainan Arema memang bagus.  

Selain dua tim unggulan ini, grup E juga akan diramaikan oleh klub yang secara tradisional memiliki nama besar dalam persepakbolaan Tanah Air, yaitu SU. Setelah tak berhasil menjadi juara di Piala Presiden, tentu mereka ingin membuktikan kualitasnya kali ini. 

Satu tim lagi, Pusamania Borneo, juga berpotensi menjadi “kuda hitam”. Permainan mereka di babak sebelumnya telah memperlihatkan bahwa mereka bukan tim sembarangan.

Bagaimana dengan Grup D? Kekuatan Grup D cukup merata.

Dari 4 tim, hanya PS TNI yang lolos ke babak kedua dengan status juara grup. Mitra Kukar dan Persija adalah runner up grup masing-masing, sedangkan Semen Padang memanfaatkan tiket sebagai peringkat tiga terbaik.

Jika PS TNI bisa melanjutkan performanya di babak penyisihan grup, maka bisa diprediksi bahwa satu tiket semifinal Grup D akan menjadi milik mereka. Satu tiket lagi akan diperebutkan Mitra Kukar, Persija, dan Semen Padang yang kualitasnya relatif merata.

Perebutan posisi juara grup juga akan berlangsung sengit di grup ini. Selain mengamankan tiket untuk lolos, Mitra Kukar, Persija, dan Semen Padang juga dipastikan akan berusaha sekuat tenaga untuk mencuri posisi juara grup dari PS TNI, demi menghindari juara grup E di semi final. — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!