Arema Cronus bantai Surabaya United 3-1

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Arema Cronus bantai Surabaya United 3-1
Gol untuk Arema dicetak oleh El Loco, Kiko Insa, dan Esteban Vizcarra. Sedangkan gol tunggal Surabaya United dicetak oleh Firly Apriliansyah.

JAKARTA, Indonesia—Arema Cronus memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala Jenderal Sudirman setelah berhasil mengalahkan Surabaya United 3-1 pada Sabtu malam, 19 Desember.

Sebelum pertandingan dimulai, para pemain mengheningkan cipta sejenak untuk dua orang suporter Arema yang tewas pada insiden kekerasan antar suporter di Sragen, Jawa Tengah.

Arema Cronus memulai laga dengan mencoba mengambil inisiatif serangan. Sedangkan Surabaya United terlihat lebih berhati-hati dan sesekali mencoba melakukan serangan balik.

Peluang pertama baru tercipta di menit 11 ketika I Gede Sukadana berhasil menerobos pertahanan Surabaya United, namun masih gagal melakukan tembakan ke gawang. 

Selang 5 menit kemudian, tendangan bebas gelandang Arema Mossi masih melebar di sisi kanan gawang Thomas Ryan.

Pada menit ke-18, gol bunuh diri nyaris tercipta saat sapuan bola dari I Putu Gede setelah memotong tusukan dari Syamsul Arif mengenai Firly. Beruntung bola yang berbelok arah masih menyamping tipis disisi kanan gawang.

Surabaya United yang kesulitan menembus pertahanan Arema Cronus mencoba melakukan tembakan jarak jauh melalui Slamet Dwi Cahyo pada menit 24 namun masih melambung jauh.

Arema kembali mendapat peluang pada menit ke-34 melalui Benny Wahyudi yang melakukan tusukan dari sisi kanan pertahanan Surabaya United berhasil melakukan sepakan yang mengarah ke sudut kanan atas gawang Surabaya United.

Beruntung Thomas Ryan yang berada di posisi yang tepat berhasil melakukan penyelamatan.

Di menit ke-40, heading dari Esteban Vizcarra menyambut crossing dari sisi kanan masih melambung jauh. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Surabaya United mulai berani keluar menyerang. Peluang diperoleh Bajul Ijo di menit ke-60 melalui Hargianto. Namun masih melambung tipis di atas mistar gawang Kadek Wardana.

Di menit ke-63, kesalahan di lini belakang Persebaya United membuat mereka tertinggal. Sapuan bola yang dilakukan Sahrul justru mengenai ‘El Loco’ Gonzales dan membuat Thomas Ryan terkecoh. Arema Cronus unggul 1-0.

Berselang 3 menit, Singo Edan berhasil menggandakan keunggulannya. Umpan ke tiang jauh dari Ferry Aman Saragih berhasil disambut Kiko Insa yang kemudian menjebloskan bola dengan sempurna ke gawang Bajul Ijo yang membuat Arema memimpin dua gol.

Tertinggal dua gol membuat Surabaya United terus menggempur pertahanan Arema Cronus. Namun peluang melalui tendangan bebas Evan Dimas di menit ke-74 lagi-lagi masih melambung.

Gol justru kembali hadir untuk Singo Edan di menit ke-76. Pelanggaran terhadap Esteban Vizcarra di dalam kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Esteban Vizcarra yang mengambil sendiri eksekusi penalti tanpa kesalahan melakukan tugasnya dengan baik dan membuat skor menjadi 3-0.

Arema sempat berpeluang menambah gol pada menit 85 saat tendangan first-time hasil kerjasama El Loco dan Vizcarra masih melambung tinggi.

Diakhir laga bek Arema Benny Wahyudi harus diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran keras di kotak penalti. Eksekusi penalti yang dilakukan oleh Firly Apriliansyah berhasil memperkecil ketinggalan Surabaya United.

Namun keunggulan Arema Cronus 3-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Hasil ini memastikan langkah Arema Cronus menuju babak semifinal Piala Jenderal Sudirman.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!