Presiden desak TNI AU investigasi jatuhnya pesawat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Presiden desak TNI AU investigasi jatuhnya pesawat

ANTARA FOTO

Selain masih baru, pesawat juga diawaki pilot berpengalaman

 Sejumlah prajurit TNI AU melakukan prosesi pemakaman jenazah Letkol (Pnb) Marda Sarjono di Taman Makam Pahlawan, Madiun, Jawa Timur, 21 Desember 2015. Marda gugur bersama Kapten (Pnb) Dwi Cahyadi saat melakukan manuver menggunakan pesawat tempur T-50i Golden Eagle dalam ajang 'airshow' di Yogyakarta, Minggu (20/12). Foto oleh Siswowidodo/Antara

JAKARTA, Indonesia  ̶   Pemerintah mendorong TNI AU untuk melakukan investigasi menyusul jatuhnya pesawat jet tempur T-50i. Apa penyebab jatuhnya pesawat penting diungkap, sebab pesawat buatan Korea Selatan itu masih baru.

“Kami juga mendengar bahwa pilotnya sangat berpengalaman,” kata Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Istana Negara, 21 Desember 2015. Pramono menekankan, acara di Yogyakarta memang untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa TNI AU memiliki peralatan yang cukup canggih.

Tapi malah kemudian ada pesawat yang jatuh sehingga perlu bagi TNI AU dan TNI untuk melakukan investigasi terhadap hal tersebut. “Apa yang menjadi penyebab utamanya karena dengan peralatan yang baru bisa terjadi kecelakaan. Apakah karena human error atau technical error, perlu kita semua mengetahui hal itu,” katanya.

Investigasi penting dilakukan, terlebih saat ini Pemerintah Indonesia berkepentingan untuk mengembangkan alutsista yang kuat. Sebagai negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi cukup bagus, kita juga ingin memperkuat pertahanan dan keamanan negara.

“Kalau kemudian ada salah satu peralatan jatuh, kita perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab utamanya. Apakah memang ada human error atau salah dari awal dari sistem yang dibangun. Itu yang perlu diketahui pemerintah saat ini,” katanya.

Sebuah pesawat jet milik TNI AU T-50i Golden Eagle jatuh di Yogyakarta, Minggu, 20 Desember 2015. Pesawat kecelakaan di udara dan jatuh saat melakukan atraksi dalam acara Gebyar Dirgantara di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Akibat kecelakaan dua pilot pesawat dinyatakan tewas.    ̶   Rappler.com

BACA JUGA  

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!