Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia akan rayakan Natal di depan Istana

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia akan rayakan Natal di depan Istana
Pelaksanaan Ibadah Natal 2015 GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia akan mengundang Jokowi, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri

JAKARTA, Indonesia—Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia tahun ini akan kembali menyelenggarakan ibadah Natal di depan Istana Merdeka, Jakarta, untuk kali keempat.

Rumah ibadah milik jemaat GKI Yasmin di Bogor dan HKBP Filadelfia di Kabupaten Bekasi belum dapat digunakan karena masih disegel oleh pemerintah setempat.

Perayaan Natal bersama akan dilaksanakan pada Jumat, 25 Desember, di depan Istana Merdeka, Jakarta, lengkap dengan mata ibadah perjamuan kudus mulai pukul 14:00 siang WIB.

Dalam acara tahun lalu, terdapat 250-300 jemaat yang ikut beribadah bersama GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia.

Tahun ini, pihak penyelenggara juga turut mengundang presiden Joko “Jokowi” Widodo, Menteri Agama Lukman H. Saifuddin, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

UNDANGAN UNTUK PRESIDEN. Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia turut mengundang Jokowi untuk menghadiri perayaan Natal di depan Istana Negara pada Jumat, 25 Desember mendatang. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Perayaan Natal bersama ini juga didukung oleh kelompok lintas iman, termasuk mantan Ibu Negara Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, LBH Jakarta, KontraS, Yayasan LBH Indonesia, dan lain-lain.

Menurut penuturan Bona Sigalingging selaku perwakilan dari GKI Yasmin, konflik ini belum juga usai sejak 2008, padahal GKI Yasmin mengantongi izin dari Mahkamah Agung yang menyatakan bahwa tindakan pemerintah kota Bogor yang menyegel rumah ibadah mereka harus dihentikan.

“Sampai sekarang, sudah melewati dua presiden (Susilo Bambang Yudhoyono dan Jokowi) pemerintah masih gagal mengeksekusi putusan MA dan rekomendasi Ombudsman,” tutur Bona dalam konferensi pers di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta di Menteng, Jakarta Pusat.

PERAYAAN NATAL 2015. Perwakilan LBH Jakarta Arif Maulana (kiri) bersama dengan Pendeta Edwin Lubis dari HKBP Filadelfia (tengah) dan Bona Sigalingging dari GKI Yasmin (kanan) saat konferensi pers tentang penyelenggaran ibadah Natal 2015. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Keadaan serupa juga terjadi pada gereja milik HKBP Filadelfia di kabupaten Bekasi. Meskipun izin dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara telah diberikan, namun jemaat masih belum dapat beribadah di gereja mereka sendiri.

“GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia berharap bahwa tahun ini adalah tahun terakhir mereka harus merayakan Natal di depan Istana,” kata Arif Maulana selaku perwakilan dari LBH Jakarta.

Sejak Februari 2012 hingga kini GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia rutin menyelenggarakan ibadah setiap dua minggu sekali di depan Istana. Tahun ini merupakan tahun keempat para jemaat melakukan ibadah Natalnya di jalanan.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!