Jokowi kenang masa muda naik MetroMini di Jakarta

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi kenang masa muda naik MetroMini di Jakarta

ANTARA FOTO

Kata Jokowi, meski sopir MetroMini sudah ganti 100 kali, tapi busnya tetap yang itu-itu saja

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo merekam ulang pengalamannya saat menumpang bus MetroMini di Jakarta sekitar 1980an silam.

Saat itu, mantan Wali Kota Solo tersebut baru lulus kuliah dari Universitas Gadjah Mada.

“Saya tahun 1985 baru lulus, terus bekerja sebentar di Jakarta kira-kira tujuh bulan. Dari rumah ke kantor itu ganti tiga-empat kali, termasuk naik MetroMini,” kata Jokowi di Istana Negara, hari ini, Rabu, 23 Desember.

Ketika ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012-2014, Jokowi kembali menaiki MetroMini yang sempat ia tumpangi saat bekerja di Jakarta.

“Saya ingat betul MetroMini yang saya naiki itu. Metromini yang sekarang ini ada, saya coba tengok lagi, saya ingat bener. Ini waktu saya jadi Gubernur, bukan sekarang,” katanya.

“Sopirnya mungkin sudah ganti 100 kali, tapi MetroMininya itu. Saya cek speedo meter enggak ada, yang saya takutkan memang rem. Rem itu kadang-kadang ada kadang-kadang enggak ada karena harus dipompa dulu agar berfungsi,” ujarnya.

Begitu ia menjabat sebagai Presiden RI, Jokowi menitipkan perombakan transportasi ibu kota kepada penerusnya, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama.

“Saya titip ke Pak Gubernur, harus segera dilakukan perombakan total, tapi ajak bicara mereka,” katanya.

Jokowi menuturkan bahwa semasa menjadi gubernur, ia sudah mengajak bicara berbagai pihak untuk mencari solusi terbaik.

“Kemarin sore dan tadi pagi, saya dengar sudah ada bus-bus baru dan dari Kemenhub juga sudah di-drop 600 bus. Artinya, DKI menyediakan dan pemerintah pusat juga menyediakan,” katanya, merujuk kepada bus TransJakarta yang baru didatangkan hari ini oleh Kementerian Perhubungan.

Jokowi mengatakan daerah harus mulai menyiapkan sistem transportasi yang ingin digunakan masyarakat. “Bukan yang terpaksa digunakan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, sopir-sopir dan pemilik MetroMini sempat melakukan aksi mogok beroperasi setelah Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta menangkap ribuan bus yang tidak layak jalan. —Laporan Antara/Rappler

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!