Dari pidato Jokowi di Rakernas PDI-P hingga hasil semi final Piala Jenderal Sudirman

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dari pidato Jokowi di Rakernas PDI-P hingga hasil semi final Piala Jenderal Sudirman

ANTARA FOTO

Juga di wRap 11 Januari: Perkembangan dari kasus dugaan malpraktik chiropractic, Lapindo “ngebor” gas lagi dan The Corrs batal tampil di Indonesia

JAKARTA, Indonesia — Sejumlah peristiwa penting terjadi sepanjang Jumat hingga akhir pekan lalu. Dari dunia politik hingga olahraga, berikut ini rangkumannya.

Jokowi bantah lemah memimpin Indonesia

 Presiden Joko “Jokowi” Widodo membantah anggapan segelintir pihak yang menganggap dirinya lemah dan tidak tegas dalam memimpin Indonesia ketika berpidato dalam Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan, Minggu 10 Januari.

Dia menyebut ada beberapa kebijakan berani yang telah diambil pada tahun lalu.

“Tahun lalu, saya sudah menenggelamkan lebih dari 100 kapal. Dalam kasus narkoba, tahun lalu sudah mengeksekusi mati 14 terpidana. Saya kok disebut tidak berani dan tidak tegas?” tanya Jokowi di Jakarta Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Hal apa lagi yang disampaikan Jokowi dalam Rakernas I yang digelar bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-43 PDIP? Simak videonya: 


Polri gandeng FBI untuk ungkap kasus malpraktik chiropractic

DISEGEL. Klinik Chiropractic First di fx, Jakarta, juga disegel pihak kepolisian. Foto oleh Famega Syavira/Rappler.com

Penyidik Polda Metro Jaya menggandeng biro investigasi federal Amerika Serikat (FBI) untuk memburu dr. Randalf Cafferty, dokter yang diduga melakukan malpraktik di klinik First Chiropractic di Pondok Indah Mall 1, Jakarta. Peristiwa malpraktik itu menewaskan salah satu pasien, Allya Siska Nadya pada Agustus 2015 lalu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan atase Polri di Washington DC, Amerika Serikat, di sana dan berkoordinasi dengan FBI,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Krishna Murti, di Jakarta, Jumat, 8 Januari.

Menurut penjelasan Krishna, dr. Randalf Cafferty sudah kembali ke Amerika, namun penyidik Polda Metro Jaya telah bertemu dengan agen FBI di Jakarta untuk mengawasi keberadaan dokter yang melakukan terapi kepada Allya tersebut.

Lapindo “ngebor” gas lagi, warga was-was

HIRUK PIKUK. Salah satu truk pengangkut tanah di kawasan milik PT Lapindo Brantas. Foto oleh Amir Tejo/Rappler.com

Jalan Desa Kedung Banteng dan Banjar Asri Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo mendadak hiruk pikuk. Puluhan truk bermuatan tanah mondar mandir di atas jalan desa yang sudah beraspal itu.

Derum mesin besar itu menandai aktifitas pengurukan atau dalam bahasa pertambangan disebut sebagai drilling site preparation (DSP) di sumur gas mereka di Desa Banjar Asri yang berbatasan dengan Desa Kedung Banteng.

Aktifitas ini sebenarnya sudah diketahui warga sebelumnya. Saelan (50) salah seorang warga Banjar Asri mengatakan, seminggu sebelumnya ada pertemuan warga dengan perangkat desa. Dalam pertemuan itu, perangkat desa mengatakan jika dalam waktu dekat Lapindo Brantas akan melalukan pengurukan.

Selain pertemuan minggu lalu, sekitar enam bulan lalu juga ada pertemuan dengan warga. “Pertemuan ini membahas soal kegiatan PT Lapindo Brantas yang akan melakukan pengurukan di sekitar sumur mereka,” katanya. Dalam pertemuan itu, warga menyatakan tak keberatan PT Lapindo hanya melakukan pengurukan di sekitar sumur dan bukan pengeboran.

Meski demikian rasa was-was tak bisa dihindari mengingat pengalaman di masa lalu saat terjadinya semburan lumpur. Lalu bagaimana risiko bahwa kasus yang sama dapat terulang? Manager Public Relation Lapindo Brantas Inc. Arif Setya Widodo memberikan keterangannya di artikel berikut ini

Semi final Piala Sudirman: Pusamania Borneo FC bungkam Semen Padang

Pusamania Borneo FC berhasil menaklukkan Semen Padang 2-0 dalam laga semi final Piala Jenderal Sudirman leg pertama yang berlangsung di kandang mereka, Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur pada Minggu malam, 10 Januari.

Legiun asing Borneo FC, Srdan Lopicic menjadi pahlawan dengan dua golnya pada menit 80 dan 94 yang memecah kebuntuan Tim Pesut Etam—julukan Borneo FC—dalam membongkar pertahanan Semen Padang.

Sementara sehari sebelumnya dalam pertandingan semi final lain, Mitra Kukar berhasil menaklukkan tim tamu Arema Cronus dengan skor 2-1 di Stadion Madya Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur.

Namun posisi para pemenang belum sepenuhnya aman karena masih ada laga leg kedua yang digelar pekan ini. 

The Corrs batal tampil di Java Jazz

BATAL. Penampilan The Corrs di Java Jazz Festival 2016 batal. Foto screenshot dari YouTube/The Corrs official

Salah satu artis internasional yang dijadwalkan akan tampil di Java Jazz Festival bulan Maret 2016, The Corrs batal untuk menghibur penggemarnya di Indonesia.

Pengumuman tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Java Jazz Festival Production Peter Gontha lewat akun Twitter-nya.


Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!