MotoGP Argentina tandai 20 tahun karir Valentino Rossi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

MotoGP Argentina tandai 20 tahun karir Valentino Rossi

EPA

Rossi berharap kembali menang di sirkuit Rio Hondo, Argentina, pada Minggu, 3 Apri

JAKARTA, Indonesia — Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi berharap untuk merayakan 20 tahunnya di dunia balap motor dengan kemenangan di Argentina Grand Prix pada Minggu, 3 April.

Pembalap berusia 37 tahun itu memulai debutnya di ajang balap motor kelas 125cc di Malaysia pada 1996, untuk kemudian memenangkan juara dunia pertamanya pada tahun berikutnya.

Dua musim kemudian, Rossi memenangkan juara dunia di kelas 250cc, yang diikuti dengan tujuh kemenangan di kelas MotoGP.

Memasuki dekade ketiganya, Rossi setidaknya pernah memenangkan 112 GP, naik ke podium sebanyak 211 kali, berada di pole position sebanyak 61 kali, serta 92 kali mencetak lap tercepat.

Pemenang dalam GP Argentina di sirkuit Rio Hondo tahun lalu tersebut hampir memenangkan MotoGP musim 2015, sebelum terjadinya insiden dengan Marc Marquez di Sepang, Malaysia, yang membuatnya disalip rekan setimnya, Jorge Lorenzo, di puncak klasemen akhir musim.

“Tahun lalu, balapan kami berjalan lancar. Tentu akan sulit untuk mencapai hasil yang sama tahun ini, tapi kami pasti akan mencobanya,” kata Rossi.

“Saya tidak naik ke podium di GP Qatar kemarin, tapi saya tetap punya rekor yang baik. Di Argentina ini, kami perlu melakukan hal yang sama, tapi harus lebih baik, dan mencoba untuk naik ke podium,” ujar Rossi yang harus puas finish di posisi keempat pada GP Qatar, balapan pertama musim ini.

Di Qatar, Lorenzo memulai balapan di posisi terdepan dan finish pertama, diikuti Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di posisi kedua dan ketiga.

Namun, sirkuit Argentina sepertinya kurang ramah bagi Lorenzo—ia berada di posisi lima pada 2015, dan posisi tiga pada 2014.

“Kami memulai musim ini dengan sempurna, namun kami tetap harus mengerti kondisi motor di setiap model sirkuit yang berbeda,” kata Lorenzo.

Sementara pemenang GP Argentina 2014, Marc Marquez, optimistis akan memenangkan balapan pada Minggu.

“Saya menyukai sirkuit ini. Kami selalu balapan dengan cepat di sini,” ujar Marquez. —Laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!