Jokowi akui kesulitan selamatkan WNI yang disandera Abu Sayyaf

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi akui kesulitan selamatkan WNI yang disandera Abu Sayyaf
Jokowi akan undang Panglima Militer dan Menlu Filipina ke Jakarta pekan ini

 

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengakui mengalami kesulitan dalam misi menyelamatkan 14 warga negara Indonesia yang dijadikan sandera oleh kelompok milisi Abu Sayyaf di Filipina.

“Ini sulit,” kata Jokowi kepada Rappler saat ditanya bagaimana perkembangan terakhir dari pemerintah Indonesia, pada Selasa, 26 April.

Ia mengatakan telah memerintahkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk melakukan komunikasi intensif dengan Menlu Filipina dan pihak penyandera.

“Memang kita ingin agar sandera itu segera bisa dilepas tetapi kita juga harus sadar bahwa itu berada di negara lain. Kalau kita mau masuk kesana juga harus ada izin, kalau kita mau menggunakan TNI, kita juga izin,” kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara.

Menurutnya, pemerintah Filipina juga harus mendapatkan persetujuan dari parlemen sebelum militernya bergerak. Hal ini yang menyulitkan posisi Indonesia.

Tapi ia meyakinkan bahwa para sandera dalam kondisi baik. “Sampai saat ini sandera masih baik kondisinya,” ujar Jokowi.

Namun ketika ditanya apakah pemerintah Indonesia akan membayar uang tebusan sebagaiman tuntutan kelompok Abu Sayyaf, Jokowi menyatakan pihaknya tidak pernah membahas hal tersebut.

“Tidak ada urusan dengan uang tebusan,” ujarnya.

Ia juga mengumumkan bahwa pemerintah akan mengundang Panglima Militer dan Menteri Luar Negeri Filipina ke Jakarta dalam pekan ini. Turut dalam rombongan adalah Menlu Malaysia.

“Kita akan ketemu di sini, kita akan buat patroli bersama sehingga memastikan bahwa alur di kawasan itu betul-betul dalam kondisi aman,” ujarnya.

Langkah ini diambil usai kelompok Abu Sayyaf mengeksekusi seorang sandera asal Kanada karena negara tersebut menolak untuk membayar uang tebusan.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!