ICIJ rilis nama-nama orang Indonesia dalam Panama Papers

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

ICIJ rilis nama-nama orang Indonesia dalam Panama Papers

EPA

Ada 899 orang yang memiliki perusahaan cangkang di kawasan surga pajak.

JAKARTA, Indonesia – Setelah sempat menghebohkan dunia lewat bocoran dokumen Panama pada April lalu, Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ) memutuskan untuk mengungkap seluruh nama pemilik perusahaan cangkang di negara-negara suaka pajak, pada Selasa dini hari WIB, 10 Mei. 

Sebelumnya, ICIJ mengatakan tak akan mengungkap data tersebut ke publik.

Data terbaru ini digabungkan dengan offshore leaks yang telah dibeberkan pada 2013 silam. Ada 899 orang yang memiliki perusahaan cangkang di kawasan surga pajak.

Dalam dokumen yang bocor dari firma hukum Mossack Fonseca di Panama ini, 803 nama merupakan pemegang saham, 10 nama perusahaan, 28 perusahaan ciptaan, dan 58 nama pihak berkaitan.

Nama-nama orang Indonesia yang tercantum di dalamnya seperti Airlangga Hartarto, Bambang Sulistyo, Sandiaga Uno, Luhut Pandjaitan, Harry Azhar Azis, Sugianto Kusuma, Edwin Soeryadjaya, John Riady, Garibaldi Thohir, Franciscus Welirang, dan Hilmi Panigoro.

Namun perlu dicatat bahwa memiliki perusahaan cangkang bukan berarti menghindari pajak. Banyak perusahaan yang membuat perusahaan cangkang untuk kepentingan bisnis.

Saat dikonfirmasi Rappler, pebisnis Sandiaga Uno membenarkan kepemilikan atas perusahaan offshore. “Dalam proses investasi dan penciptaan lapangan kerja sangat lazim menggunakan jasa penyedia offshore corporations, tentunya semua dalam koridor hukum,” kata Sandiaga.

Sementara Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan membantah namanya tercantum dalam Panama Papers, pada 25 April.

“Saya tidak pernah terlibat di dalam itu (Panama Papers). Saya tidak tahu itu yang namanya perusahaan Mayfair,” kata Luhut ketika ditanya hubungannya dengan perusahaan cangkang itu. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!