Berita hari ini: Jumat, 13 Mei 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 13 Mei 2016

ANTARA FOTO

Pantau laman ini untuk perkembangan terbaru berita di Indonesia sepanjang Jumat, 13 Mei 2016

Indonesia wRap: Dari razia buku terkait komunisme hingga 4 WNI sandera Abu Sayyaf tiba di Jakarta

Rangkuman berita sepanjang Jumat, 13 Mei, meliputi kisruh razia buku terkait komunisme, kasus pemerkosaan anak di bawah umur terjadi lagi, induk badak Sumatera melahirkan anak keduanya, empat WNI sandera Abu Sayyaf tiba di Tanah Air, hingga pembalap Rio Haryanto berlaga di Spanyol.

Simak videonya di bawah ini:

Surat perintah Kapolri: Tak boleh sita dan razia buku tema komunisme sembarangan

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengeluarkan perintah tentang penindakan paham komunisme. Dalam surat perintah No. 337/V/2016 yang dikeluarkan pada Jumat, 13 Mei, petugas polisi tidak boleh melakukan razia terhadap buku-buku bertemakan komunisme.

Surat tersebut merujuk pada Tap MPRS No. XXV/1999 dan UU No. 27 tahun 1999 tentang penyebaran paham komunisme, tapi:

  • Melibatkan ahli terkait dalam hal menentukan unsur menyebarkan atau mengembangkan ajaran komunisme.
  • Tidak mengedepankan cara razia tetapi lebih mengedepankan cara deteksi atau penyelidikan.
  • Tidak melakukan penyitaan buku-buku yang ada di kampus, toko dan percetakan.
  • Untuk kegiatan pemutaran film agar diteliti konten ajaran komunismenya lebih dahulu.
  • Khusus untuk buku-buku yang diduga menyebarkan paham komunisme, Marxisme dan Leninisme cukup diambil sampel dan diserahkan ke pihak kejaksaan untuk diteliti isinya.
  • Melarang dan tidak menolerir ormas atau kelompok masyarakat yang main hakim sendiri seperti razia, penangkapan, penyitaan, pengusiran, penghentian kegiatan dan tindakan ilegal lainnya

Selengkapnya di Detik.com.

Buku seri Tempo ‘Orang Kiri’ raib dari rak Gramedia

Buku seri Tempo 'Orang Kiri' bertemakan tokoh PKI, DN Aidit. Foto oleh Abdul Qowi Bastian/Rappler

Toko buku Gramedia menarik beberapa buku serial investigasi Majalah Tempo dari raknya. Buku-buku tersebut di antaranya seri Tempo “Orang Kiri” yang bertema tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI), Aidit, Njoto, Sjam, dan Musso.

Manajer Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) Pax Benadito mengatakan pihaknya mendapat keluhan dan aduan karena toko bukunya bisa terjaring atribut PKI oleh Polri dan TNI.

“Di beberapa daerah toko buku di-sweeping dan dicekal, salah satunya di Cirebon. Bahkan, di Jakarta, toko buku di Matraman juga terkena imbas sweeping,” katanya.

Buku seri Tempo yang berjudul Benny Moerdani dan Sarwo Edhie juga diturunkan. Selain itu, Memoar Pulau Buru karya Hersri Setiawan termasuk yang raib dari rak Gramedia. Selengkapnya di Tempo.co.

Gadis 14 tahun diperkosa 4 pria di kuburan di Pancoran

Seorang remaja perempuan berusia 14 tahun diperkosa empat pemuda di Kuburan Ciborong, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Kamis, 12 Mei.

Peristiwa itu bermula saat remaja putus sekolah itu ikut pesta minuman keras bersama 10 orang lainnya yang tidak ia kenali.

“Korban awalnya datang ke Lapangan Air Langga di Pancoran dan minum minuman keras berupa sopi Ambon dicampur dengan Big Cola (pada) pukul 02:00 WIB. Korban minum hingga mabuk dan tidak sadarkan diri,” kata Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Purwanta.

Korban yang tidak sadarkan diri dibawa empat pria ke kuburan Cibirong untuk diperkosa sebelum ditinggalkan di kuburan dalam keadaan tanpa busana. 

Dua tersangka telah ditangkap, sementara dua lagi masih buron. Selengkapnya di Kompas.com.

272 nama orang Indonesia dalam Panama Papers punya NPWP  

Logo perusahaan Mossack Fonseca di Hong Kong, pada 4 April 2016. Foto oleh Alex Hofford/EPA

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memastikan sebanyak 272 nama orang Indonesia yang tercantum dalam dokumen Panama Papers telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

“Dari identifikasi data Panama hingga 12 Mei, nama yang telah diidentifikasi mempunyai NPWP sebanyak 272,” kata Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, Kamis.

Dari 272 nama tersebut, Wajib Pajak yang sudah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) sebanyak 225 dan sedang ditelusuri pelaporan “Special Purpose Vehicle” (SPV) telah masuk dalam SPT tersebut atau tidak. Selengkapnya di Antara.

Polisi tangkap 8 anak pelaku kejahatan seksual terhadap gadis 13 tahun

Polrestabes Surabaya menangkap delapan anak laki-laki di bawah umur yang diduga sebagai pelaku kejahatan seksual terhadap seorang anak perempuan 13 tahun warga Ngagel Kota Surabaya.”

Para tersangka tersebut adalah tetangga korban sendiri,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Imam Sumantri, Kamis.

Sumantri mengatakan korban dilecehkan oleh para tersangka sejak masih berusia 4 tahun. Saat itu, salah seorang tersangka, AS mencabuli korban terlebih dahulu.

Merasa perbuatannya tidak diketahui orang lain, tersangka pun mengulangi perbuatannya berkali kali. Bahkan saat mengulangi perbuatannya, tersangka juga mengajak teman-temannya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, untuk melancarkan aksinya itu para tersangka juga mencekoki korban dengan pil ekstasi, dan miras. Sehingga, korban dicabuli teman-temannya secara bergiliran. Akibat perbuatannya itu, para tersangka diancam dengan hukuman penjara 15 tahun. Selengkapnya di Antara.

Spesies langka badak Sumatera lahirkan anak kedua 

Ratu, seekor badak Sumatera bercula dua, melahirkan anak keduanya pada 12 Mei 2016. Peristiwa kelahiran badak dalam penangkaran tersebut merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu di Indonesia. Foto dari YABI

Setelah dinantikan banyak pihak akhirnya Ratu, induk badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), kembali melahirkan anaknya di penangkaran badak Sumatera di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Kamis.

Bayi badak Sumatera berjenis kelamin betina itu menjadi muara bagi penyelamatan satwa eksotis spesies badak yang terancam punah ini.

Kepala Balai TNWK Subakir mengatakan, bayi badak betina itu merupakan hasil perkawinan Andalas (badak jantan) dan Ratu. Ini merupakan anak kedua pasangan badak Sumatera itu. Anak pertamanya diberi nama Andatu, yang telah lahir pada 2012 lalu.

Kelahiran anak badak spesies sangat langka dan dilindungi di dunia ini merupakan keberhasilan dan prestasi penangkaran badak yang dikembangkan sejumlah lembaga internasional di Lampung.

Diketahui bahwa badak sumatera sangat terancam keberadaannya baik karena kerusakan habitat mereka dan juga karena tinggi tingkat perburuan liar.

Jadi kelahiran anak kedua dari Ratu dan Andalas ini sangat ditunggu dan diharapkan bisa memberikan harapan baru bagi kelangsungan hidup spesies badak di dunia pada umumnya dan khususnya di Indonesia. Selengkapnya di Antara.

Jokowi minta pengawasan komunisme perhatikan kebebasan berpendapat

Kaos Siari yang disita aparat kepolisian Malang, pada 9 Mei 2016. Foto oleh Dyah Ayu Pitaloka/Rappler

Juru Bicara Presiden RI Johan Budi mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta Polri dan TNI untuk menghentikan upaya kebangkitan komunisme atau pun Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan menghormati hak kebebasan berpendapat.

“Dengan langsung menelepon, dengan memerintahkan kepada Kapolri, kepada Panglima TNI untuk melihat itu tadi. Masih tetap menghormati hak asasi, kebebasan berpendapat,” kata Johan, Kamis, 12 Mei.

Menurut Johan, Jokowi meminta hal tersebut karena telah mendapatkan laporan dari sejumlah tokoh masyarakat mengenai adanya tindakan dari aparat yang berlebihan dalam menghentikan isu kebangkitan komunisme.

Sebelumnya, Presiden mengarahkan kepada Polri dan TNI untuk segera mengatasi keresahan di masyarakat jika terdapat upaya-upaya membangkitkan PKI.

Presiden RI, jelas Johan, tetap beracuan kepada Tap MPR No I Tahun 2003 yang memutuskan penetapan Tap MPRS No XXV Tahun 1966 tetap berlaku secara berkeadilan dan menghormati hukum, prinsip demokrasi dan hak asasi manusia. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap, Kamis, 12 Mei

Dari tips jika kamu digeledah aparat hingga peringatan 12 Mei

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!