FOTO: Wisata sejarah ke museum rumah kelahiran Bung Hatta

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Wisata sejarah ke museum rumah kelahiran Bung Hatta
Terletak di pusat kota Bukittinggi, di rumah ini proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Bung Hatta, menghabiskan masa kecilnya

 

BUKITTINGGI, Sumatera Barat — Rumah Kelahiran Bung Hatta terletak di Jalan Soekarno-Hatta No.37, Bukittinggi, Sumatera Barat. 

Rumah ini adalah tempat Bung Hatta dilahirkan dan menghabiskan masa kecilnya sampai berusia 11 tahun. Bung Hatta melanjutkan pendidikan menengahnya di Meer Uitgebred Lager Onderwijs (MULO) atau sekolah menengah di kota Padang.

Sebagaimana informasi di laman Kemlu.go.id, rumah yang didirikan sekitar 1860-an dan menggunakan struktur kayu ini terdiri dari bangunan utama, pavilion, lumbung padi, dapur, dan kandang kuda, serta kolam ikan.

Bangunan utama berfungsi untuk menerima tamu, ruang makan keluarga, dan kamar ibu, paman, dan kakek Bung Hatta. Sedangkan pavilion berfungsi sebagai kamar tidur Bung Hatta.

Rumah asli tempat Bung Hatta dilahirkan sudah runtuh pada 1960-an, tetapi atas gagasan Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta, maka rumah tersebut dibangun ulang sebagai upaya mengenang dan memperoleh gambaran masa kecil sang proklamator di kota Bukittinggi. 

Penelitian pembangunana ulang dimulai dari November 1994 dan dimulai pada 15 Januari 1995. Rumah ini diresmikan pada 12 Agustus 1995, bertepatan dengan hari lahir Bung Hatta sekaligus dalam rangka merayakan 50 tahun Indonesia merdeka.

Rumah ini dibangun mengikuti bentuk aslinya yang dapat dilihat di memoir Bung Hatta dan berbagai foto/dokumentasi milik keluarga Bung Hatta. Sebagian besar perabotan di dalam rumah masih asli dari peninggalan masa kecil Bung Hatta yang diperoleh dari keluarga dan kerabat beliau, begitupun tata letak perabotan tersebut masih dipertahankan di tempat asalnya.

Jika berkunjung ke Bukittinggi, sektar 2,5 jam perjalanan dari kota Padang, sempatkanlah mampir di museum rumah kelahiran Bung Hatta ini. Kalau beruntung, kita bisa membeli buku tentang Bung Hatta yang dititipkan kolektor di sini.

Ruang Tamu di rumah kelahiran Bung Hatta pada 21 Mei 2016. Foto Uni Lubis/Rappler

Kamar Bung Hatta saat usia remaja. Letaknya di bagian belakang rumah, dekat dengan lumbung padi dan sederetan dengan dapur. Di dalamya ada juga sepeda onthel kuno. Bung Hatta mendapatkan sepeda pada usia 8 tahun. Foto Uni Lubis/Rappler

Bung Hatta ketika berumur 10 tahun naik 'Bugi', kereta berkuda untuk ke sekolah. Foto Uni Lubis/Rappler

Kamar orangtua Bung Hatta, di lantai 2. Di kamar ini Bung Hatta dilahirkan. Foto Uni Lubis/Rappler

Lumbung tempat penyimpanan padi. Dinding terbuat dari semacam gede, terbuat dari bambu, agak tebal. Sebagian besar dinding rumah dilapisi bahan seperti ini. Foto Uni Lubis/Rappler
  

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!