Jose Mourinho resmi jadi pelatih Manchester United

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jose Mourinho resmi jadi pelatih Manchester United

EPA

'Menjadi manager Manchester United adalah sebuah kehormatan,' kata Mourinho

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Jose Mourinho akan segera diumumkan sebagai manajer baru Manchester United (MU) setelah dilaporkan telah menandatangani kontrak pada Kamis, 26 Mei.

Pihak Mourinho telah bernegosiasi dengan MU sejak dipecatnya Louis van Gaal pada Senin, 23 Mei. 

Dalam pernyataan resmi di situsnya, Manchester United mengatakan Mourinho telah dikontrak sebagai manajer untuk musim 2016/2017 selama 3 tahun. Ia juga memiliki opsi untuk memperpanjang kontraknya hingga 2020.

Kontrak Mourinho dikabarkan bernilai 10 juta pounds dan gaji 15 juta pounds per tahunnya.

Ia juga akan mendapatkan bonus sebesar 5 juta pounds dan 2,5 juta pounds jika berhasil membawa MU memenangkan juara Liga Primer atau berhasil menembus zona Liga Champions musim depan.

Pembicaraan antara agen Mourinho, Jorge Mendes, dan wakil eksekutif MU, Ed Woodward, telah menyelesaikan masalah terkait hak gambar Mourinho yang dimiliki Chelsea, membuat langkah Mourinho semakin dekat untuk mewujudukan mimpinya melatih skuad MU.

“Jose adalah manajer terbaik saat ini. Ia telah memenangkan banyak trofi dan menginspirasi banyak pemain di Eropa. Dan tentunya, ia telah mengenal Liga Primer dengan sangat baik, secara ia telah memenangkan 3 gelar di sini,” kata Woodward.

Sedangkan Mourinho merasa tersanjung atas penunjukkannya ini.

“Menjadi manager Manchester United adalah sebuah kehormatan. Ini adalah sebuah klub yang terkenal dan dikagumi di seluruh dunia. Ada unsur mistis dan romantisme tentang klub ini yang tidak dimiliki oleh klub lain,” kata Mourinho dalam pernyataan resminya.

Pertemuan kembali dengan Pep Guardiola

Mantan pelatih Real Madrid, Inter Milan, dan Porto tersebut akan mengambil alih kepemimpinan di MU untuk pertama kalinya dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund di Shanghai Tiongkok, dalam laga turnya.

Sementara Mourinho akan memimpin di Old Trafford untuk pertama kalinya dalam pertandingan amal UNICEF antara tim Inggris XI melawan tim dari seluruh dunia XI pada 5 Juni mendatang.

Salah satu kesulitan utama Mourinho dalam perebutan tropi bersama MU adalah menghadapi rivalnya, Pep Guardiola, mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich yang baru saja pindah menangani Manchester City —saingan sekota MU.

Pertarungan kedua mantan pelatih klub Spanyol tersebut diyakini akan menjadi daya tarik tersendiri di Liga Primer musim 2016/2017 mendatang.

Meskipun legenda MU, Eric Cantona, sempat mengatakan bahwa gaya melatih Mourinho tidak cocok dengan sepakbola MU, mantan bek Setan Merah, Rio Ferdinand, telah mengucapkan selamat atas kedatangan Jose Mourinho.

“Satu hal yang bisa saya katakan pada fans adalah, mereka mendapatkan seorang yang telah menjadi pemenang dalam segala aspek. Pengalamannya memperlihatkan kesuksesan,” ujar Rio Ferdinand dalam akun Facebook-nya.

(BACA JUGA: Mampukah Jose Mourinho mengembalikan mimpi Manchester United?)

Sementara mantan gelandang MU yang sempat diasuh Mourinho di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, menambahkan, “Menyakitkan bagi saya melihat keadaan MU yang terpuruk karena United selalu ada di hati saya. Saya harap Mourinho dapat membawa mereka kembali ke puncak.”

Mourinho dilaporkan telah membuat daftar pemain baru yang akan diincarnya dalam bursa transfer musim panas ini untuk menutupi kekurangan skuad yang musim 2015/2016 lalu hanya mampu finish di tempat kelima.

Bahkan tanpa pertandingan Liga Champions musim depan, Mourinho yakin ia tetap bisa memboyong beberapa pemain kelas dunia ke Old Trafford.

Salah satu targetnya adalah Zlatan Ibrahimovic yang sempat diasuhnya di Inter Milan. Penyerang asal Swedia tersebut bahkan sempat menyatakan dukungannya untuk Mourinho.

“Saya rasa ini adalah keputusan yang sangat baik (dari MU) – anda ingin aksi, anda bawa Mourinho,” kata penyerang Paris Saint-Germain itu sambil tersenyum.

“Saya tidak dapat memberikan jaminan, namun ada beberapa tawaran menarik dari Liga Primer, jadi mari kita lihat apa yang akan terjadi ke depannya,” kata Ibrahimovic. —Laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!