Sunpride dan Sunfresh, 2 merek buah lokal pilihan masyarakat Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sunpride dan Sunfresh, 2 merek buah lokal pilihan masyarakat Indonesia
Buah lokal Indonesia mendapat penghargaan di Indonesia Original Brand Award 2016

 

JAKARTA, Indonesia – Di tengah maraknya merek asing di pasar Indonesia, dua merek buah lokal Sunpride dan Sunfresh dari PT Sewu Segar Nusantara mendapat penghargaan Indonesia Original Brand (IOB) 2016 untuk kategori “Buah Bermerek” pilihan masyarakat Indonesia pada Rabu, 8 Juni.

Penghargaan tersebut diterima oleh Martin M. Widjaja selaku Managing Direktor PT Sewu Segar Nusantara, sebuah perusahaan pemasok dan distributor buah segar nusantara.

“Kami bangga dapat merepresentasikan Indonesia untuk kategori Buah Bermerek, yang membuktikan bahwa produk Indonesia juga dapat bersaing di negeri sendiri,” kata Martin ketika menerima penghargaan yang diorganisir oleh majalah SWA dan lembaga riset Business Digest.

“Penghargaan ini juga menjadi motivasi kami untuk tetap mengedepankan kualitas dalam memenuhi permintaan pasar yang masih sangat besar, sehingga ruang untuk berinovasi masih lebar.”

Penghargaan Indonesia Original Brand diberikan kepada merek asli Indonesia yang dianggap mampu bertahan menghadapi berbagai merek kompetitor dan global yang semakin beragam.

Sebelum memberikan penghargaan, SWA dan Business Digest melakukan survei multistage random sampling dari 1 Februari sampai 19 Februari, dan booster sampling dari 7 Maret sampai  22 Maret dengan empat parameter: Satisfaction (Kepuasan), Loyalty (Loyalitas), Advocacy (Advokasi)dan Foreign Local Comparison (FLC).

Survei melibatkan 5.070 orang di Medan, Bandung, Semarang dan Makassar, Jabodetabek, dan Surabaya. Lebih dari setengah responden (61,4%) merupakan perempuan.

Hasil survei tersebut menunjukkan Sunpride mendapat rata-rata nilai Indeks IOB sebesar 7,63 dan berhak mendapat penghargaan The 1st Champion of Indonesia Original Brand 2016, sementara Sunfresh mendapat nilai Indeks IOB sebesar 7,58, jauh di atas Indeks IOB nasional 7,49.

Menurut Martin, hasil survei ini memperlihatkan merek-merek asli Indonesia bisa sukses di pasar karena memiliki kinerja yang bagus, pangsa pasar signifikan, brand awareness tinggi, dan tahan persaingan dengan merek asing.

“Terpilihnya Sunpride dan Sunfresh menunjukkan konsistensi PT Sewu Segar Nusantara sebagai pemain lokal untuk terus menjaga kualitas buah-buahnya yang juga turut berkontribusi terhadap perkembangan dan pertumbuhan industri agribisnis lokal Indonesia,” kata Martin.

Didirikan pada 1995 sebagai salah satu kelompok investasi unggulan dari Gunung Sewu Kencana, PT. Sewu Segar Nusantara bergerak dalam distribusi dan pemasaran buah lokal dan impor, dengan fokus pada buah nusantara hasil kerjasama dengan sister company PT Nusantara Tropical Farm yang mengelola perkebunan Sunpride di Lampung. Beberapa buah nusantara yang dihasilkan PT Nusantara Tropical Farm adalah pisang cavendish, jambu kristal, nanas honi, dan pepaya calina. – Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!