Kualifikasi GP Eropa: Rio Haryanto raih posisi start terbaiknya di F1

Aswin Prasetyo

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kualifikasi GP Eropa: Rio Haryanto raih posisi start terbaiknya di F1
Berhasil raih P17, Rio hanya terpaut 0.116 detik untuk masuk ke sesi kualifikasi kedua


JAKARTA, Indonesia — Pembalap Formula 1 kebanggaan rakyat Indonesia, Rio Haryanto, berhasil mencetak posisi start balapan terbaiknya di GP Eropa di Baku, Azerbaijan, pada sesi kualifikasi, Sabtu, 18 Juni.

Sejak memulai debut balapan F1-nya di Australia pada 20 Maret 2016, raihan posisi start ke-17 di GP Eropa ini adalah posisi grid terbaiknya yang pernah ia raih. Sebelumnya, Rio hanya pernah memulai balapan tertinggi dari P19.

Rio mencetak waktu putaran 1:45.655 detik di Sirkuit Kota Baku yang memiliki lintasan sepanjang 6,003 km. Raihan waktu tersebut merupakan waktu terbaik yang dicetak oleh Rio dari semua sesi latihan bebas sejak Jumat kemarin, dan lebih cepat 1.832 detik dari waktu sesi latihan bebas keduanya yang menempati P18.

Berada di P17, Rio nyaris untuk masuk ke sesi kualifikasi kedua (Qualifying 2, atau Q2). Ia hanya tertinggal 0.116 detik dari pembalap tim Sauber, Felipe Nasr, yang pada sesi Q1 berada di P16 dan lolos untuk melanjutkan ke sesi selanjutnya.

Raihan terbaik Rio ini juga membuatnya tidak hanya berhasil mengalahkan rekan satu timnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein, (P18) yang tertinggal 0.085 detik, namun juga unggul dari juara dunia F1 2009, Jenson Button, di P19 dengan mobil McLaren-Honda. 

Marcus Ericsson (P20) dari tim Sauber dan duo Renault, Kevin Magnussen (P21) dan Jolyon Palmer (P22), turut mengakui kehebatan Rio yang berada di depannya pada balapan esok hari, Minggu, 19 Juni.

Rosberg tercepat, Hamilton gagal teruskan dominasi

Sementara itu, Mercedes masih mendominasi balapan di GP Eropa. Namun kali ini bukanlah Lewis Hamilton yang menunjukkan dominasinya di tiga sesi latihan bebas sebelumnya. 

Nico Rosberg tampil menjadi yang tercepat dengan waktu putaran 1:42.758 detik di posisi terdepan. Hamilton justru hanya berhasil berada di P10 dan menghentikan sementara sesi kualifikasi karena kecelakaan yang dialaminya.

Hamilton terlihat tak fokus di sesi kualifikasi kali ini. Setelah dua kali overshoot saat menuju tikungan, ia menyenggol pembatas sirkuit di tikungan ke-10 di sesi Q3 dan menyebabkan suspensi kanannya patah sebelum mencetak waktu putaran terbaiknya.

Sergio Perez dari tim Force India berhasil menempati posisi kedua tercepat dengan catatan waktu 1:43.515 detik. Namun kecelakaan yang dialaminya di sesi FP3 dan penggantian girboks membuatnya mendapatkan penalti turun lima posisi.

Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel mencetak waktu putaran yang persis sama di sesi Q3, yaitu 1:43.966 detik. Ricciardo mendapatkan posisi lebih unggul (P3) karena mencetak waktu lebih dahulu dibandingkan Vettel. 

Kimi Raikkonen melengkapi posisi lima tercepat pada sesi kualifikasi di GP Eropa 2016. Pembalap Finlandia tersebut tertinggal 1.511 detik dari Rosberg di posisi terdepan. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!