Mengetahui lebih dekat satelit perbankan Brisat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengetahui lebih dekat satelit perbankan Brisat

ANTARA FOTO

BRI luncurkan satelit perbankan pertama di dunia pada Minggu dini hari tadi bernama Brisat.

JAKARTA, Indonesia—Indonesia mencetak sejarah baru di dunia perbankan. Untuk pertama kalinya di dunia, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk baru saja meluncurkan satelit perbankan pada Minggu dini hari, 19 Juni, pukul 04:39 WIB.

Satelit bernama BRIsat tersebut merupakan satu-satunya satelit di dunia yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan yang bergerak di sektor perbankan.

Program BRIsat bertujuan untuk memberikan solusi dari kelangkaan transponder perbankan di Indonesia. Apa saja yang menarik dari satelit ini? Berikut 5 hal yang perlu diketahui tentang BRIsat.

Desain satelit berkesinambungan

Dalam mendesain satelit, Bank BRI berusaha memaksimumkan filing satelit Indonesia di International Telecommunication Union (ITU). Status dari salah satu filing satelit di ITU akan ditingkatkan dari Coordinated menjadi Notified, sehingga diharapkan BRIsat akan menjadi solusi untuk menjaga kesinambungan filing orbit satelit 150.5o BT.

Menggunakan 2 frekuensi

BRIsat akan menggunakan dua frekuensi, sesuai dengan konfigurasi idealnya. Frekuensi pertama, C band, akan digunakan untuk transaksi keuangan. Sementara komunikasi non keuangan akan dilakukan di frekuensi KU band.

C band didesain menggunakan frekuensi gelombang rendah, sehingga akan tahan cuaca buruk. Sementara KU band didesain menggunakan gelombang tinggi agar memiliki power yang kuat.

Memiliki 45 transponder

Selain digunakan untuk mendukung operasional bank BRI, BRIsat juga dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

BRIsat akan memiliki 45 buah transponder, lebih banyak dari pada yang dibutuhkan BRI untuk melakukan operasional perbankan. Sehingga sebagian dari transponder tersebut dialokasikan untuk kepentingan negara. 

Lebih aman

Karena BRIsat dimililiki dan dioperasikan langsung oleh Bank BRI, maka data-data yang melalui satelit ini akan tersimpan untuk kepentingan Indonesia.

Pemerintah akan memiliki sarana komunikasi yang lebih aman dan lebih sulit untuk disadap karena seluruh kontrol saluran komunikasi dan enkripsi berada di tangan Indonesia.

Dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat, diluncurkan oleh perusahaan Perancis

Satelit dalam program BRIsat merupakan produksi Space Systems/Loral (SSL), sebuah perusahaan pembuatan satelit komersial asal Amerika Serikat. Sementara peluncuran BRIsat difasilitasi oleh Arianespace, perusahaan peluncur satelit asal Eropa yang telah beroperasi sejak 1980.

Meskipun begitu, dari sisi keamanan informasi, SSL selaku manufaktur telah menjanjikan bahwa tidak akan ada peralatan penyadapan di dalam BRIsat. Sementara BRIsat merupakan satelit kelima yang diluncurkan oleh Arianespace bagi operator satelit Indonesia. 

Satelit BRIsat telah diluncurkan melalui roket peluncur Ariane 5 dari Guyana Space Center, Europe’s Spaceport di Kourou, French Guyana, pada Minggu dini hari dan diharapkan akan mencapai orbit di atas pulau Papua pada 20 hari ke depan. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!