US basketball

Selamat ulang tahun, Pak Jokowi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Selamat ulang tahun, Pak Jokowi
Jokowi berulang tahun yang ke-55 pada 21 Juni 2016

Setahun yang lalu, Presiden Joko “Jokowi” Widodo meluncurkan akun resmi Facebook dan Twitter bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-54.

Hari ini, Selasa, 21 Juni, Jokowi memperingati hari lahirnya yang ke-55. Sebagai seorang presiden, tentu ia tak luput dari tugas kenegaraan, meski di hari spesial. 

Hari ini, misalnya, ia dijadwalkan berkunjung ke lima lokasi di Bogor, Depok, dan Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Sebagai seorang pria sederhana yang datang dari keluarga kecil dan bahagia, tidak banyak hal pribadi yang dilakukan Jokowi di hari jadinya.

Suatu waktu ia mengatakan, pria kelahiran Surakarta ini tidak pernah merayakan ulang tahun dengan pesta, hanya kumpul-kumpul kecil saja.

“Sejak dulu tidak ada pesta. Hanya syukuran kecil bersama istri dan anak-anak saja,” kata Jokowi ketika ada seorang warga yang bertanya bagaimana ia menghabiskan hari ulang tahunnya.

Bahkan, dikirimi kado pun ia menolak. Mantan wakilnya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama berujar, ia takut jika Jokowi marah kalau Ahok memberikan kado.

“Kado dimarahin, kalau kirim ke beliau,” kata Ahok.

Ini adalah kali kedua secara berturut-turut Jokowi mendapatkan hari ulang tahunnya bersamaan dengan bulan Ramadan. Tentu tidak bisa diisi dengan perayaan makan-makan di siang hari.

Mungkin, Jokowi hanya akan merayakan hari ulang tahunnya dengan menikmati varian 8 rasa Markobar, sebuah usaha martabak buatan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Didampingi dengan istri, Iriana, dan putri mereka, Kahiyang Ayu. Sementara si bungsu, Kaesang Pangarep, yang gemar cuap-cuap di media sosial, mengabadikan momen kebersamaan ini melalui kamera untuk diunggah ke akun YouTube pribadinya yang diikuti lebih dari 82 ribu penonton.

Rappler mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bapak Presiden Joko Widodo. Semoga panjang umur, sehat selalu, dan tetap memegang amanat yang diberikan rakyat Indonesia. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!