Kemenpora janjikan bonus Rp 5 miliar bagi peraih medali emas Olimpiade

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kemenpora janjikan bonus Rp 5 miliar bagi peraih medali emas Olimpiade
Pemerintah juga menjanjikan akan diberikan tunjangan per bulan senilai Rp 20 juta per bulan.

JAKARTA, Indonesia – Pemerintah Indonesia menjanjikan bonus senilai Rp 5 miliar dan uang tunjangan hari tua sebesar Rp 20 juta bagi peraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro Brasil pada bulan Agustus mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan selain peraih medali emas, pemerintah juga memberikan bonus sebesar Rp 2 miliar bagi peraih medali perak dan Rp 1 miliar bagi peraih medali perunggu.

“Kami sudah menyiapkan itu semua. Tetapi, kami tidak ingin para atlet hanya berorientasi meraih juara semata-mata karena ingin mengejar bonus. Jadi, itu semua didorong satu tekad masing-masing untuk memecahkan rekor dalam sejarah hidupnya,” ujar Imam di Halaman Istana Merdeka.

Pemerintah, kata Imam juga berhasil mencatat sejarah karena juga akan memberikan tunjangan hari tua kepada para atlet pemenang Olimpiade. Nominal uang tunjangan pun bervariasi, tergantung jenis medali yang diraih.

Peraih medali emas maka akan mendapat tunjangan hidup per bulan sebesar Rp 20 juta. Untuk peraih medali perak sebesar Rp 15 juta dan medali perunggu Rp 10 juta.

“Tentu ini adalah sebuah sejarah, jaminan dan sekaligus memungkinkan bagi semua atlet. Ayo menjadi juara,” ujar dia.

Sejauh ini, Indonesia sudah berhasil mengumpulkan 27 medali dari ajang Olimpiade. Tetapi, sayangnya tunjangan semacam itu baru diberikan kepada atlet peraih medali di ajang Olimpiade. Hal itu disebabkan keterbatan anggaran pemerintah.

Per tahun, Kemenpora mengaku telah menganggarkan dana sebesar Rp 6 miliar per tahun untuk kebutuhan itu.

Ke depan, Kemenpora berharap ada dukungan dari pihak swasta atau BUMN sehingga atlet peraih medali di ajang kejuaraan lain bisa ikut menerima tunjangan serupa.

Sementara, Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang ikut melepas para atlet menuju ke Olimpiade berharap mereka bisa mengharumkan nama Indonesia.

“Dari Tanah Air, saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di Rio de Janeiro,” ujar Jokowi. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!