Hasil lengkap sepak bola Olimpiade Rio 2016: Babak penyisihan grup

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil lengkap sepak bola Olimpiade Rio 2016: Babak penyisihan grup
Siapa yang berhasil melaju ke perempat final?

JAKARTA, Indonesia — Sebanyak 16 negara mengirimkan wakilnya di cabang olahraga sepak bola dalam Olimpiade Rio 2016.

Ke-16 negara dibagi menjadi empat grup yang akan bertarung mulai Kamis, 4 Agustus, hingga Kamis, 11 Agustus mendatang untuk memperebutkan posisi di perempat final.

(BACA JUGA: Jadwal lengkap sepak bola Olimpiade Rio 2016: Babak penyisihan grup)

Pertandingan pertama akan mempertemukan Irak vs Denmark pada Kamis, mulai pukul 23:00 WIB. Tuan rumah Brasil akan menjamu Afrika Selatan pada Jumat, 5 Agustus, pukul 02:00 WIB.

Bagaimana hasil seluruh pertandingan sepak bola dalam babak penyisihan Olimpiade Rio 2016? Berikut hasil lengkapnya:

Kamis, 11 Agustus 

Afrika Selatan vs Irak

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Hasil imbang diraih kedua tim, yang tidak lolos ke babak berikutnya.

Denmark vs Brasil

Skor akhir: 0-4

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Brasil, yang di 2 pertandingan sebelumnya hanya meraih hasil imbang dan diambang ketidaklolosan, akhirnya membuktikan bahwa mereka sanggup bertahan di kompetisi Olimpiade. Tim Samba membungkam Denmark dengan skor 0-4. Meski kalah besar, Denmark tetap lolos ke perempatfinal.

Jepang vs Swedia

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Meski menang 2-0, Jepang gagal lolos ke perempatfinal. Begitu pula dengan Swedia yang belum pernah menang sepanjang 3 pertandingan.

Kolombia vs Nigeria 

Skor akhir: 2-0 

Jalannya pertandingan: Nigeria yang sudah dipastikan ke perempatfinal sebelumnya, harus takluk 2-0 di tangan Kolombia. Dengan hasil tersebut, kedua tim melaju ke babak berikutnya. 

Korea Selatan vs Meksiko

Skor akhir: 1-0 

Jalannya pertandingan: Korea Selatan berada di puncak Grup C dan maju ke babak perempatfinal bersama Jerman, setelah menang tipis 1-0 atas Meksiko. Kwon Changhoon mencetak satu-satunya gol yang tercipta malam itu pada menit ke-77.

Jerman vs Fiji 

Skor akhir: 10-0 

Jalannya pertandingan: Jerman, yang harus menang pada laga ini agar lolos ke babak berikutnya, menunjukkan taringnya. Mereka membantai Fiji 10 gol tanpa balas. Sementara Fiji harus duduk di peringkat paling bawah klasemen dengan kemasukan 23 gol selama 3 pertandingan. 

Argentina vs Honduras

Skor akhir: 1-1 

Jalannya pertandingan: Salah satu favorit juara Olimpiade Rio, Argentina, harus mengepak koper lebih awal setelah ditahan imbang oleh Honduras. Argentina berada di posisi 3 Grup D dengan 4 poin, sama dengan Honduras yang unggul selisih gol.

Aljazair vs Portugal

 

Skor akhir: 1-1

 

Jalannya pertandingan: Juara Piala Dunia 2016, Portugal, melaju ke babak perempatfinal Olimpiade Rio setelah ditahan imbang 1-1 oleh Algeria. Portugal tak terkalahkan selama 3 pertandingan di Grup D. 

Paciencia mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-25, sebelum disamakan oleh Mohammed Benkablia 5 menit kemudian.

Minggu, 7 Agustus 

Brasil vs Irak

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Frustasi tim tuan rumah berlanjut. Brasil kembali ditahan skor kaca mata oleh Irak. Sebelumnya, Brasil juga mandul pada laga pembuka saat melawan Afrika Selatan.

Jepang vs Kolombia

Skor akhir: 2-2 

Jalannya pertandingan: Kedua tim masih belum bisa meraih kemenangan pada pertandingan kedua kali ini.  

Colombia mencetak gol pertama melalui Teofilo Gutierrez pada menit ke-59. Keunggulan Kolombia ditambah melalui gol bunuh diri Hiroki Fujihari pada menit ke-65. 

Namun tim Nippon langsung membalas melalui dua gol berturut-turut pada menit ke-67 lewat sepakan Takuma Asano dan Shoya Nakajima pada menit ke-74.

Denmark vs Afrika Selatan

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Gol semata wayang pemain pengganti, Robert Skov, pada menit ke-69 membawa Denmark memenangi pertandingan melawan Afrika Selatan.

Swedia vs Nigeria

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Nigeria lolos ke babak perempat final, usai satu-satunya gol oleh Sadiq Umar pada menit ke-40 mengantarkan mereka ke babak berikutnya.

Argentina vs Aljazair

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Argentina mengirim Aljazair pulang berkat gol Angel Correa pada menit ke-47 dan Jonathan Calleri pada menit ke-70. Aljazair sempat mencetak gol melalui sepakan Sofiane Bendebka, namun gagal menyelamatkan tim tersebut bertahan di Olimpiade.

Jerman vs Korea Selatan

Skor akhir: 3-3

Jalannya pertandingan: Sang juara dunia, Jerman, kembali tertahan. Kali ini oleh Meksiko. Hwang Heechan dan Serge Gnabry saling memberi timnya  masing-masing satu gol pada babak pertama.

Kedua tim saling balas-membalas. Davie Selke mencetak gol bagi tim Panser pada menit ke-55, sebelum dibalas oleh Son Heungmin dua menit kemudian.

Korsel hampir memenangi pertandingan melalui gol Suk Hyunjun pada menit ke-86, sebelum Jerman kembali menyamakan kedudukan melalui gol Gnabry pada menit injury time. 

Honduras vs Portugal

Skor akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Portugal kembali memenangkan pertandingan setelah menang melawan Argentina 2-0 pada match pertama.

Alberth Elis mencetak gol cepat bagi Honduras pada menit pertama. Tobias Figuieredo dan Paciencia langsung membalasnya pada masing-masing menit ke-21 dan ke-36. Skor 1-2 bertahan hingga akhir laga.

Fiji vs Mexico

Skor akhir: 1-5

Jalannya pertandingan: Pertandingan baru berjalan 11 menit ketika Roy Krishna mencetak gol. Fiji memimpin selama 45 menit pertama. Namun gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang Fiji cetak malam itu.

Tiga menit setelah peluit babak kedua dimula, Erick Guiterrez mencetak gol untuk sang juara bertahan, Meksiko. Ia mencetak total 4 gol pada malam itu. Ditambah satu lagi oleh Carlos Salcedo. Fiji dibantai 1-5 oleh Meksiko.

Jumat, 5 Agustus

Nigeria vs Jepang

Skor akhir: 5-4

Jalannya pertandingan: Nigeria menang besar atas Jepang. Pertandingan baru berjalan 6 menit ketika Sadiq Umar mencetak gol pertama bagi Nigeria. Namun Shizo Koroki menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui titik penalti pada menit ke-9.

Tak mau disamakan, Nigeria kembali tancap gas dan Oghenekaro Etebo melesakkan gol pada menit ke-11. Jepang lagi-lagi menyusul dua menit kemudian. Takumi Minamino mencetak gol, menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

3 menit jelang turun minum, Nigeria kembali unggul lewat gol kedua Etebo.

Etebo mencetak hattrick-nya pada pertandingan ini pada menit ke-51 melalui titik penalti. Namun ia tak berhenti sampai di sana! Ia kembali mencetak gol pada menit ke-66. 5-2 untuk Jepang.

Takuma Asano memperkecil jarak menjadi 5-3 pada menit ke-70, dan Musashi Suzuki pada injury time.

Fiji vs Korea Selatan

Skor akhir: 0-8

Jalannya pertandingan: Korea Selatan secara impresif menaklukkan Fiji dengan skor telak 0-8. 

Keran gol dibuka oleh Ryu Seungwoo pada menit ke 32. Moon Changjin yang berpeluang mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-39 harus gagal melesakkan bola ke gawang. 0-1 untuk Korsel di babak pertama.

Kwon Changhoon mencetak dua gol berturut pada menit ke-62 dan 63. Kurang dari satu menit, Seungwoo mencetak gol keduanya pada pertandingan itu. Skor 0-4 untuk Korsel.

Son Heungmin tak menyiakan kesempatan penalti kedua Korsel pada menit ke-72. Lima menit kemudian, Suk Hyunjun membuat Korsel unggul 0-6.

Hyunjun kembali mencetak gol pada menit ke 90, namun Seungwoo menciptakan hattrick-nya pada malam itu di injury time, menit ke-93.

Swedia vs Kolombia

Skor akhir: 2-2

Jalannya pertandingan: Kolombia mencetak gol melalui Teofilo Gutierrez pada menit ke-17, namun Mikael Ishak menyamakan kedudukan menjadi 1-1 hanya 2 menit sebelum turun minum.

Dua pemain Kolombia — Deivy Balanta dan Helibelton Palacios — diganjar kartu kuning masing-masing pada menit ke-48 dan 50. 

12 menit kemudian, Swedia mengungguli Kolombia lewat gol Astrit Adarevic. Skor 2-1 untuk tim Swedia.

Namun Dorlan Pabon sukses mengeksekusi penalti menjadi gol bagi Kolombia. Skor kini 2-2 dan bertahan hingga akhir.

Portugal vs Argentina

Skor akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Pertandingan antara Portugal vs Argentina yang berlangsung di Estadio Joao Havelange, Rio De Janeiro berakhir dengan skor 2-0.

Saat pertandingan baru berlangsung dua menit bek Argentina Lautaro Gianetti diberikan kartu kuning oleh wasit. Pada menit 32, giliran bek Portugal Tobias Figueiredo yang dihadiahi kartu kuning.

Di babak kedua, Portugal mendapatakan hadiah tendangan bebas beberapa meter dari kotak penalti berkat Lisandro Magallan yang diberi kartu kuning. Namun eksekusinya masih melebar.

Portugal akhirnya berhasil unggul berkat gol yang dicetak lewat tendangan keras Goncalo Paciencia dari luar kotak penalti pada menit 66.

Pada menit 83, giliran Pite yang menggandakan keunggulan Portugal atas Argentina. Skor 2-0 pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Meksiko vs Jerman

Skor akhir: 2-2

Jalannya pertandingan: Pertandingan antara juara bertahan Meksiko melawan juara dunia Jerman berakhir dengan skor imbang 2-2.

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol bagi kedua tim. Pemain Jerman Lars Bender mendapatkan kartu kuning pertamanya pada menit 26.

Meksiko unggul terlebih dahulu lewat gol Oribe Peralta pada menit 52. Selang enam menit kemudian giliran Serge Gnarbby mencetak gol untuk Jerman dan membuat kedudukan untuk sementara imbang 1-1.

Meksiko hanya butuh empat menit untuk kembali unggul. Kini giliran Rodolfo Pizarro yang berhasil merobek gawang Jerman dan membuat skor berubah menjadi 2-1.

Pada menit 78 Jerman kembali menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Matthias Ginter. Skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Brasil vs Afrika Selatan

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Brasil belum berhasil memperoleh poin penuh setelah ditahan imbang Afrika Selatan 0-0.

Afrika Selatan secara mengejutkan berhasil menahan serangan bertubi-tubi dari Neymar dan kawan-kawan.

Meskipun tampil habis-habisan, serangan Brasil yang memasang empat striker sekaligus tidak ada yang mampu merobek gawang yang dijaga oleh kiper Jody February.

Dengan hasil ini, seluruh tim di Grup A memiliki skor yang sama dan masih berpeluang melaju ke babak perempat final.

Honduras vs Aljazair

Skor akhir: 3-2

Jalannya pertandingan: Honduras secara mengejutkan berhasil mengalahkan Aljazair 3-2 dalam pertandingan perdananya di Olimpiade Rio 2016. Kemenangan Honduras dibuka oleh Rommel Quioto pada menit 13.

20 menit kemudian giliran Marcelo Pereira yang menggandakan keunggulan Honduras dan membuat skor jelang turun minum berubah menjadi 2-0.

Pada babak kedua, Sofiane Bendebka sempat mengubah kedudukan menjadi 2-1, namun gol Anthony Lozano pada menit 79 mempebesar keunggulan Honduras.

Gol penutup pertandingan dari Baghdad Bounedjah pun gagal membalikkan keadaan. Skor 3-2 bertahan hingga pertandingan usai.

Kamis, 4 Agustus

Irak vs Denmark 

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: 

Irak dan Denmark gagal menjadi pencetak gol pertama di Olimpiade Rio 2016 setelah pertandingan perdananya berakhir imbang 0-0.

Irak memperpanjang rekor tak terkalahkannya di pembuka Olimpiade, sementara Denmark memperpanjang rekor keikutsertaannya dalam cabang olahraga ini sejak 1908.

Pada babak pertama, kedua tim saling menekan. Denmark mendapatkan kesempatan pertamanya lewat tendangan Lasse Vibe namun membentur tiang gawang.

Sementara Irak terlihat kesulitan dalam menyerang. Lima menit sebelum pertandingan berakhir, Adnan mendapatkan tendangan bebas yang dapat diselamatkan kiper Hojberg.

Pertandingan pun berakhir dengan skor imbang 0-0.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!