Berita hari ini: Sabtu, 27 Agustus 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 27 Agustus 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 27 Agustus 2016

Penyebab banjir di kawasan Kemang

Area Jakarta Selatan diguyur hujan deras sepanjang hari Sabtu. Akibatnya sebagian area kini terendam air banjir. Salah satu kawasan yang mengalami banjir yang cukup parah berada di kawasan Kemang.

Namun, apa yang menyebabkan kawasan elit itu malah kebanjiran? Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan menjelaskan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kawasan Kemang banjir. Menurut Teguh, dua di antaranya karena meluapnya air di Sungai Krukut. Hal itu kemudian diperparah dengan buruknya sistem drainase di kawasan itu.

“Kami belum maksimal di sana. Kenapa? Karena di sana banyak berdiri bangunan liar, lebar kalinya menyempit. Jadi, upaya yang kami lakukan belum maksimal. Sedimen lumpur tinggi,” ujar Teguh. Selengkapnya baca di Detik.

Aktivis pertanyakan SP3 bagi pelaku pembakaran hutan

KEBAKARAN HUTAN. Seorang wartawan mengambil gambar api yang membakar hutan di Jalan Parit Haji Husin II, Pontianak, Kalbar, Sabtu, 20 Agustus. Foto oleh Jessica Helena Wuysang/ANTARA

Juru kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Yuyun Indradi, menilai bahwa polisi tidak memiliki alasan yang jelas dan kuat dalam menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) untuk 15 perusahaan yang sempat jadi tersangka pembakaran hutan dan lahan. Menurut Yuyun, polisi terkesan hanya mencoba mencari pembenaran melalui alasan tanpa disertai dengan data pengelolaan lahan konsesi oleh 15 perusahaan tersebut.

“Kami menilai alasan Polri terkait SP3 tidak tepat karena tidak disertai dengan data-data pendukung,” ujar Yuyun.

Dia menjelaskan sejak SP3 diterbitkan, Polri maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan tidak pernah menunjukkan daftar perusahaan yang menerima konsesi pemanfaatan hutan serta peta sebarannya kepada publik. Selengkapnya di Kompas.

Ahok akan kirimkan surat peringatan 1 bagi warga Bukit Duri pekan depan

Gubernur DKI Jakarta, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mengancam akan menerbitkan surat peringatan pertama (SP-1) bagi warga yang bermukim di area Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Menurut Ahok, surat tersebut akan dikirimkan jika hingga pekan depan masih ada warga Bukit Duri yang menolak direlokasi.

“Saya kira minggu depan udah kasih SP-1. Yang masih bandel (tak mau pindah), saya enggak mau tahu,” ujar Ahok di Balai Kota Jakarta.

Dia mengatakan surat peringatan akan terus diberikan hingga maksimal SP-3 jika warga Bukit Duri masih bertahan. Jika sudah melewati SP-3, Ahok memastikan akan mulai menggusur pemukiman di pinggir kali Ciliwung itu.

Selengkapnya baca di Tempo.

Indonesia wRap: Jumat, 26 Agustus 2016

Dari 2 mahasiswa Indonesia dibebaskan Turki hingga Ronaldo pemain terbaik Eropa

Dua mahasiswa Indonesia yang sempat ditahan oleh Pemerintah Turki akhirnya dibebaskan. Keduanya ditangkap oleh otoritas berwenang di sana karena dicurigai terkait dengan kelompok Fethullah Gulen yang dituding menjadi otak di balik upaya kudeta pemerintahan Turki yang sah.

“Rumah Lembang itu untuk tempat berkumpul seluruh elemen publik yang simpati terhadap Ahok,” kata juru bicara Tim Pemenangan Ahok, Wibi Andrino.

Simak video Indonesia wRap berikut:

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!