Hasil One Championship Jakarta: Luis Santos keluar sebagai pemenang

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil One Championship Jakarta: Luis Santos keluar sebagai pemenang

Dux Carvajal

Bagaimana penampilan para petarung Indonesia?


JAKARTA, Indonesia – ONE Fighting Championship (ONE FC) kembali adakan pertandingan seni bela diri campuran (Mixed Martial Arts atau MMA) di Jakarta pada Sabtu, 27 Agustus.

Pagelaran bertajuk “ONE: Titles & Titans” ini menampilkan aksi seni bela diri campuran Asia yang diiringi pertunjukan musik live oleh duo DJ “GLOWINTHEDARK,” menyajikan pertandingan utama berupa duel Luis Santos dari Brasil melawan Igor Svirid dari Kazakhstan.  

(BACA: Petarung MMA ONE Championship berduel di Jakarta)

Santos vs Svirid

Foto oleh ONE FC

Luis “Sapo” Santos dari Brasil menang melawan mantan Juara Dunia ONE Middleweight, Igor “Lionheart” Svirid, dari Kazakhstan dengan kemenangan mutlak dalam tiga ronde pertandingan kelas menengah (welterweight). 

Kedua petarung memulai dua ronde pertama dengan hati-hati, mencoba memperkirakan jarak yang bisa dijangkau lawannya dan sekali-sekali melakukan serangan yang tepat. Pertandingan semakin sengit di ronde ketiga, ketika Santos berhasil menarik Svirid ke matras, menahannya di lantai dan menyerangnya. 

Menjelang akhir pertarungan, Svirid menguasai keadaan kembali dan hampir menyelesaikan Santos dengan serangkaian pukulan kuat, tapi itu pun belum cukup untuk mendapatkan persetujuan para juri. 

Kelly vs Latoel

Foto oleh ONE FC

Sementara di pertandingan lain pada malam itu, Edward “The Ferocious” Kelly dari Filipina mengalahkan lawan yang kuat dan berpengalaman, veteran berdarah Belanda-Indonesia Vincent “MagniVincent” Latoel. 

Walau dijadwalkan bertanding tiga ronde, dalam dua ronde Kelly mengakhiri pertandingan dengan melakukan knockout

Latoel dan Kelly saling melandaskan pukulan, dengan Kelly mencetak skor dari kuda-kuda wushunya dan Latoel dengan keahlian jarak dekatnya (clinch). 

Dalam menit pertama di ronde kedua, Latoel urung melakukan suatu kombinasi gerakan dan Kelly melakukan serangan balik dengan hook kanan yang menjatuhkan Latoel. 

Waluyo vs Sayed

Petarung Meksiko yang tampil mewakili Indonesia, Djatmiko Waluyo, mengalahkan Islam Sayed dari Mesir. Sayed menyerah kalah dalam beberapa menit awal di ronde kedua.

Setelah keduanya saling melontarkan serangan di tengah arena pertandingan di ronde pertama, aksi mereka segera beralih ke lantai, di mana mereka saling memiting dan menyerang di lantai.

Di ronde kedua, kedua petarung kembali saling menyerang di lantai, kali ini dengan heel hook berturut-turut, yang membuat Sayed menyerah kalah. 

Prachnio vs Butler

Foto oleh ONE FC

Di kelas middleweight, Marcin Prachnio dari Polandia menang dengan mengagumkan atas Jake Butler dari Amerika Serikat. 

Walau Prachnio berusaha menghindari jatuh ke lantai, Butler, yang turun kelas dari light heavyweight, menggunakan gerakan gulatnya untuk menarik Prachnio ke bawah. 

Butler mendominasi pertarungan jarak dekat (grappling) tapi ia tidak pernah meraih kontrol total dan di tengah ronde, Prachnio melandaskan serangan lutut yang dengan efektif mengakhiri pertandingan. 

Saygid Arslanaliev vs Haolan Jietebusibai

Petarung kelas ringan (lightweight) yang tak terkalahkan, Saygid Guseyn Arslanaliev dengan gemilang menang dari Haolan Jietebusibai dari Tiongkok di ronde pertama.

Haolan menghindari saling menyerang (strikes) melawan Saygid, yang terkenal sebagai petinju kuat, dan memilih menyerang dari jarak dekat (clinch). Namun, Saygid meraih kepala Haolan dan mencekiknya dengan teknik standing guillotine, memaksa Haolan menyerah kalah.

 

Engelen vs Amin

Foto oleh ONE FC

Teknik grappling level tinggi juga diperlihatkan petarung Belanda-Indonesia Anthony “The Archangel” Engelen yang kembali ke ring ONE Championship dengan kemenangan hebat atas Sami Amin dari Mesir. 

Di ronde pertama, Engelen langsung mengerahkan kekuatannya, bertarung di jarak dekat (clinch) untuk menarik Amin ke lantai dan menguasai pertandingan. Di ronde kedua, Engelen juga langsung bertarung jarak dekat (clinch), dan kali ini ia mengarahkan serangannya untuk membuat Amin memunggunginya.

Begitu punggung Amin menghadapnya, Engelen mengepit leher Amin dengan lengannya, dan melakukan cekikan rear naked choke, memaksa Amin menyerah kalah.   

Suire vs Xie Bin

Foto oleh ONE FC

Di kelas bantam (bantamweight), Casey Suire dari AS, menang tipis melawan petarung Tiongkok, Xie Bin. 

Suire melandaskan jab kiri di dagu Xie di ronde pertama dan menahan posisi Xie di tengah ring, membuat Xie Bin tak bisa melandaskan kombinasinya.

Di ronde kedua, Xie berganti taktik dan meraih sukses ketika ia memainkan peran counterpuncher, tapi Suire meninjunya dengan pukulan yang menjatuhkannya menjelang akhir ronde.

Pada ronde ketiga, tendangan kaki Xie menyakiti Suire, tapi petarung asal Amerika itu bertahan hingga akhirnya menang. 

Sunoto vs Legowo

Foto oleh ONE FC

Dua petarung asal Indonesia, Sunoto dan Yohan Mulia Legowo, juga memberikan pertunjukan bagus bagi fans mereka di Jakarta.

Setelah saling menakar kemampuan lawan, Sunoto dan Legowo saling memiting di lantai. 

Dengan Sunoto menguasai alur pertarungan, Legowo membuat kesalahan dengan memunggunginya dan Sunoto merebut kesempatan dengan melakukan cekikan rear naked choke. Legowo pun tak punya pilihan selain menyerah kalah. 

Wirawan vs Soriano

Foto oleh ONE FC

Di kelas bulu (featherweight), Mario Satya Wirawan dari Indonesia dan Burn Soriano dari Filipina, bertarung dengan cepat dan sigap. Keduanya tidak menyia-nyiakan waktu sama sekali dengan langsung bertarung di dekat pagar ring.

Setelah Wirawan urung melandaskan suatu kombinasi, Soriano berputar balik dan melandaskan tinju (spinning back fist) di dagu Wirawan.

Wirawan terjatuh ke lantai, dan Soriano melandaskan sejumlah tinju (hammer fist) untuk merebut kemenangan.   

Hasil pertandingan ONE: Titles & Titans selengkapnya:

Welterweight

Luis Santos mengalahkan Igor Svirid dengan keputusan mutlak (Unanimous Decision atau UD) setelah 3 ronde

 

Featherweight

Edward Kelly mengalahkan Vincent Latoel dengan Knockout di 0:57 menit ronde 2.

 

Welterweight 

Djatmiko Waluyo mengalahkan Islam Sayed dengan pengakuan menyerah (Submission) karena Heel Hook di 2:25 ronde 2.

 

Middleweight

Marcin Prachnio mengalahkan Jake Butler dengan TKO (Strikes) di 2:30 menit ronde 1. 

 

Catchweight

Saygid Guseyn Arslanaliev mengalahkan Haolan Jietebusibai dengan pengakuan menyerah (Submission) karena Guillotine Choke di 0:26 menit ronde 1.

 

Featherweight

Anthony Engelen mengalahkan Sami Amin dengan pengakuan menyerah (Submission) karena Rear Naked Choke di 0:52 menit ronde 2.

 

Bantamweight

Casey Suire mengalahkan Xie Bin dengan keputusan terpecah (Split Decision atau SD) setelah 3 ronde.

Featherweight

Sunoto mengalahkan Yohan Mulia Legowo dengan pengakuan menyerah (Submission) karena Rear Naked Choke di 4:14 menit ronde 1.

 

Bantamweight

Burn Soriano mengalahkan Mario Satya Wirawan dengan Knockout di 0:15 menit ronde 1. 


—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!