Berita hari ini: Senin, 29 Agustus 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Senin, 29 Agustus 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 29 Agustus 2016

Indonesia wRap: Senin, 29 Agustus 2016

Dari Gatot Brajamusti ditangkap karena narkoba hingga teror bom gereja Medan

Aktor, penyanyi, dan guru spiritual Gatot Brajamusti ditangkap polisi saat mengonsumsi narkoba. Pemain film ‘Azrax’ ini ditangkap bersama istri ketiganya, Dewi Aminah, di sebuah hotel di Lombok, Minggu malam. Apa saja yang ditemukan polisi saat penggrebekan itu?

Sementara, Menkopolhukam Wiranto mengatakan pelaku teror bom Gereja Santo Yosef Medan terinspirasi pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi. Ditemukan tulisan “I Love Al-Baghdadi” di dalam ransel pelaku, IAH (17 tahun).

Lalu, dari mana tersangka bisa mempelajari untuk merakit bom? Simak videonya di Indonesia wRap berikut:

Menteri LHK klaim ‘hotspot’ kebakaran hutan turun 75%

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan jumlah titik panas (hotspot) turun hingga 75 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kalau dilihat data secara keseluruhan dibandingkan tahun lalu hotspot turun sampai 75 persen dan di beberapa provinsi malah turun 80-90 persen,” kata Siti.

Selain itu, data polisi menunjukkan ada 498 kasus kebakaran hutan dan lahan dan khusus di Riau ada 85 kasus selama patroli tahun ini berlangsung.

Total lahan yang terbakar di seluruh Indonesia ada 88 ribu hektare, sedangkan dibandingkan dengan tahun lalu pada periode awal september mencapai 190 ribu hektare lebih. Sedangkan di Riau, berdasarkan laporan kemarin, hanya 3.000-an hektare. Selengkapnya di Antara.

Presiden Jokowi lantik Hasyim Asy’ari sebagai anggota KPU gantikan Husni Kamil Manik

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Hasyim Asy’ari usai dilantik jadi anggota KPU, di Istana Negara, Jakarta, pada 29 Agustus 2016. Foto dari Setkab

Presiden Joko “Jokowi” Widodo melantik Hasyim Asy’ari sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2012-2017, pada Senin. Meski jabatannya hanya sebentar, Hasyim mengatakan ia akan bekerja menyesuaikan ritme di internal KPU.

“Saya akan mengikuti itu, terutama dalam hal pembentukan peraturan KPU karena ini sesuatu yang mendesak yang akan dijadikan pedoman bagi teman-teman KPU provinsi dan kota yang akan menyelenggarakan Pilkada di daerahnya masing-masing di 2017 nanti. Itu saya kira yang paling mendesak ya,” kata Hasyim.

Hasyim dilantik sebagai anggota KPU berdasarkan Keputusan Presiden No. 87P/2016, tentang pengesahan pengangkatan antar waktu anggota KPU tanggal 5 Agustus 2016. Pengangkatan Hasyim Asy’ari menggantikan anggota KPU sebelumnya, Husni Kamil Manik yang meninggal dunia pada 7 Juli 2016 lalu. Selengkapnya di Setkab.go.id.

Pelanggar sistem ganjil-genap akan didenda Rp 500 ribu mulai hari ini

Papan informasi uji coba penerapan sistem lalu lintas plat Ganjil Genap terpampang di kawasan Blok M - Senayan, Jakarta. Foto oleh Yudhi Mahatma/Antara

Polda Metro Jaya akan mulai menilang pelanggar aturan di kawasan diberlakukannya sistem ganjil-genap di Jakarta, mulai hari ini, Senin, 29 Agustus.

Uji coba plat nomor ganjil-genap telah dilakukan sejak 27 Juli sampai 26 Agustus. Selama uji coba, kepolisian hanya memberikan sanksi berupa teguran pada pelanggar. Tak kurang dari 16.086 teguran diberikan pada pelanggar. 

Pelanggar akan dikenakan sanksi maksimal denda Rp 500 ribu. Aturan denda maksimal pun sudah terdapat dalam Peraturan Gubernur No. 164 Tahun 2016 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap. Selengkapnya di Tempo.co.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!