Gagal paham tagar #StopBayarPajak: Aktivisme yang ‘clueless’?

Rappler Social Media Team

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gagal paham tagar #StopBayarPajak: Aktivisme yang ‘clueless’?

ANTARA FOTO

Apakah berhenti membayar pajak merupakan solusi untuk Indonesia? Tentu saja tidak.

JAKARTA, Indonesia — Lihatlah trending topic di Twitter pada hari ini, Senin, 29 Agustus. Ada tagar #StopBayarPajak bertengger di sana.

Seperti yang kita ketahui, Direktorat Jenderal Pajak telah membuka program pengampunan pajak atau tax amnesty sejak 17 Juli. Tujuannya untuk memberikan pengampunan bagi wajib pajak yang selama ini belum melaporkan kewajibannya.

Nah, tagar #StopBayarPajak ini merupakan respon netizen atas pelaksanaan program tersebut. Apa yang sebenarnya mereka resahkan?




Padahal, pengampunan pajak ini diberlakukan agar semua orang yang selama ini tak membayar pajak, termasuk mereka yang menyimpan aset di negara suaka pajak, mau membayar pajak terutang untuk menambah pendapatan negara.

Maka, cuitan seperti ini tentu saja tidak relevan:


Justru dengan tidak mendukung negara untuk menuju arah yang lebih baik, tentu saja itu tidak bernilai sebagai ibadah dan amal saleh.


Apakah kamu memahami maksud dari cuitan ini?


 

Yang satu ini ketahuan tidak pernah bayar pajak.


Padahal, menurut Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, masyarakat tidak bisa menghindar dari membayar pajak. Setiap pembelian barang atau jasa pasti dikenakan pajak, tidak terkecuali untuk mencuit di Twitter. “Pajak enggak bisa diboikot. Kalau dia nulis status saja, itu sudah kena pajak. Ada PPn untuk pulsa ‘kan,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, pada Senin, 29 Agustus.

Kesalahpahaman mengenai kebijakan amnesti pajak yang masih tinggi di antara masyarakat menandakan pekerjaan rumah Ditjen Pajak masih jauh dari selesai. 


– Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!