SEA Games

Limbah pabrik ubah warna anjing menjadi biru?

Rosa Folia

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Limbah pabrik ubah warna anjing menjadi biru?
Anjing yang berubah warna sering terlihat mencari makan di sekitar pembuangan limbah

JAKARTA, Indonesia – Lima anjing di India berubah warna menjadi biru. Beberapa laporan menyebutkan limbah pabrik yang dibuang secara sembarangan di kawasan industri Taloja merupakan penyebabnya.

“Sangat mengejutkan melihat bagaimana bulu putih dari anjing-anjing itu berubah total menjadi biru. Kami mendapati lima anjing di sini dan meminta dewan pengendali polusi untuk segera menindak pabrik-pabrik itu,” kata salah seorang warga seperti dilansir dari Hindustan Times pada Ahad, 13 Agustus 2017.

Adapun Mumbai Animal Protection Cell merupakan penyebar foto-foto anjing biru ini. Mereka tengah mengumpulkan dokumentasi bukti untuk kemudian melaporkan pabrik-pabrik ke Dewan Pengendali Polusi Maharashtra. Mayoritas yang beroperasi dan membuang limbah pewarna tanpa diproses terlebih dahulu adalah pabrik makanan dan obat-obatan.

Otoritas setempat sempat melakukan tes kualitas air setempat dan menyebutkan kadar klorida sangat tinggi dan mencemari vegetasi serta ikan di sekitarnya. Pada Agustus 2016 lalu, nelayan setempat juga menyampaikan kekhawatiran pengaruh polusi sungai pada tangkapan mereka.

“Membiarkan pembyangan limbah pewarna ke sungai adalah tindakan ilegal. Kami sudah mengarahkan investigasi kasus ini,” kata juru bicara Dewan Pengendali Polusi Maharashtra. -Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di idntimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!