Ayo, ikut mengawal penghitungan suara bersama Kawal Pilkada

Abdul Qowi Bastian

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kawal Pilkada membutuhkan 14.000 relawan sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di Jakarta

SURAT SUARA. Pekerja melipat surat suara untuk Pilkada DKI Jakarta di Gudang Logistik KPU Jakarta Pusat, pada 24 Januari 2017. Foto oleh Widodo S. Jusuf/Antara

JAKARTA, Indonesia — Kawal Pilkada mengajak warga DKI Jakarta untuk menjadi relawan penjaga suara masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 15 Februari 2017 mendatang.

Pelaksanaan Pilkada bersih dan transparan menjadi tuntutan publik, di samping hasil hitung cepat (quick count). Melalui aplikasi mobile, Kawal Pilkada mengajak seluruh warga DKI Jakarta untuk berpartisipasi dalam merealisasikan penghitungan suara cepat secara riil (real quick count)tercepat dalam sejarah pemilihan umum di Indonesia.

Bagaimana caranya? Cukup hanya dengan mengambil foto formulir C1 Plano di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

Formulir C1 adalah dokumen penghitungan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS). Di Formulir C1 Plano inilah, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menghitung satu demi satu perolehan suara kandidat. 

Proses penghitungan suara dan pengisian formulir C1 Plano ini berlangsung terbuka, dan dapat disaksikan semua yang hadir di TPS.

Sebelumnya, proses serupa pernah dilakukan pada Pilkada serentak yang digelar 9 Desember 2015 silam.

Dengan melakukan hal simpel ini, kamu bisa menjadi penjaga suara mereka yang mencoblos demi melangsungkan demokrasi. Siapapun bisa menjadi relawan Kawal Pilkada, termasuk kamu. 

Inisiator Kawal Pilkada, Khairul Anshar, mengatakan, pihaknya menargetkan sekitar 14.000 relawan sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di Jakarta.

Ingin jadi relawan? Caranya mudah, hanya dengan mengunduh aplikasi Kawal Pilkada di Google Play atau Apple AppStore, lalu masuk dengan menggunakan akun e-mail, Facebook, atau Twitter. 

Relawan yang sudah terdaftar di aplikasi kemudian dapat menggunakannya pada Hari-H Pilkada, yaitu setelah waktu pencoblosan di TPS.

Caranya dengan: 

  1. Mengambil foto formulir C1 Plano 
  2. Meng-input hasil suara di TPS ke aplikasi, beserta foto, dengan catatan:  
    • Setiap TPS bisa difoto lebih dari 1 relawan 
    • Seorang relawan hanya bisa memfoto 1 kali per TPS 
    • Seorang relawan bisa memfoto lebih dari 1 TPS  

Untuk lebih jelasnya, simak infografik berikut:

Kamu juga bisa “latihan” melalui video tutorial yang dapat ditonton di sini.

Selanjutnya, admin Kawal Pilkada akan memilih satu foto yang paling jelas dan akurat angkanya, dan admin akan memilih satu data per TPS. Setelah itu, secara otomatis sistem Kawal Pilkada akan melakukan penjumlahan hasil suara. 

Hasil suara penjumlahan keseluruhan TPS dapat diakses oleh publik di web Kawal Pilkada.

Kawal Pilkada adalah sebuah tim relawan independen yang berniat untuk mengawal suara rakyat di tiap Pilkada dengan menyediakan akses publik untuk memonitor penghitungan suara secara live melalui situs www.kawalpilkada.id.

Khairul pun memastikan bahwa Kawal Pilkada adalah independen, tidak didanai pihak manapun, dan tidak berpihak pada kandidat tertentu, melainkan berpegang pada kebenaran data empiris. 

Ayo, buruan download aplikasinya demi Pilkada yang jujur dan adil. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!