US basketball

Dengerin, dong! Anak muda bicara Pilkada DKI Jakarta

Amru Sebayang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dengerin, dong! Anak muda bicara Pilkada DKI Jakarta

ANTARA FOTO

Apa saja yang akan menjadi isu-isu utama anak muda dalam dunia perpolitikan ibu kota saat ini?

JAKARTA, Indonesia — Urusan politik kerap terasa asing buat telinga anak muda. Tapi itu bukan alasan mengapa para pemuda-pemudi Indonesia harus menjauhi segala yang berbau politik. 

Pasalnya, kebijakan yang dihasilkan oleh para elite politik toh pada akhirnya akan berdampak terhadap hampir seluruh aspek kehidupan warga, tak terkecuali anak muda. Apalagi jika anak-anak muda memiliki aspirasi di bidang yang mereka tekuni.

Demi mendekatkan politik kepada anak muda, komunitas Sinergi Muda bersama duo YouTuber Asumsi akan menghelat diskusi publik bertajuk “Dengerin Dong! Anak Muda Bicara Pilkada DKI” di Es Teler 77 Resto, di Jl. Adityawarman No. 61, Jakarta Selatan, pada Rabu, 8 Februari. 

Acara ini akan berbentuk diskusi publik yang mempertemukan tim sukses setiap pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur DKI Jakarta dengan panelis-panelis muda dari berbagai unsur profesi dan latar belakang. 

“Nanti bentuk acaranya diskusi publik. Ada pembicara [timses] dan ada panelisnya juga,” kata Shakti, selaku perwakilan panitia kegiatan kepada Rappler.

Kegiatan diskusi ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memastikan, apakah ketiga pasangan calon benar-benar mengakomodir isu-isu yang terkait dengan anak muda di DKI Jakarta. 

“Yang melatarbelakangi [diskusi ini], adalah keinginan kita untuk memastikan suara anak muda bisa didengar oleh ketiga paslon. Setiap anak muda memiliki isu-isu yang melekat dengan kepentingan mereka yang harus didengar dan diakomodir,” ujarnya Shakti. 

Sementara itu, ia menuturkan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah “mengungkapkan kebutuhan spesifik yang dibawa oleh lapisan masyarakat tertentu terhadap para pasangan calon Gubernur Pilkada DKI dan melihat rencana pasangan calon gubernur untuk mengakomodir kebutuhan anak muda dari sudut pandang yang lebih spesifik.” 

Adapun perwakilan dari ketiga tim sukses yang akan hadir dalam diskusi tersebut belum bisa disampaikan. Akan tetapi, setidaknya nama-nama panelis dari beragam komunitas muda yang akan hadir adalah sebagai berikut: 

  • Annisa Rahmania (Young Voice Indonesia) 
  • Yuki Rahmadini (Owner Onigiri Futago) 
  • Agrita Widiasari (Co-founder Sinergi Muda)
  • Rozinul Aqli (Kandidat Master School of Global Affairs and Publi Policy, The American University in Cairo) 
  • Taufan Akbari (Dekan muda LSPR dan inisiator Indonesian Community Network) 
  • Sri Suryani (Komunitas Ciliwung Merdeka) 

Panelis-panelis tersebut mewakili unsur-unsur masyarakat dengan latar belakang kultur dan kelompok berbeda, mulai dari pengusaha, penyandang disabilitas, hingga akademisi. 

Pokok bahasan yang akan disajikan meliputi berbagai topik dengan tema besar terkait dengan anak muda, seperti kondisi terkini anak muda di Jakarta, sampai rencana setiap paslon untuk mendukung perkembangan SDM anak muda di Jakarta. 

Acara ini diadakan tanpa memungut biaya. Siapa saja bisa hadir dengan registrasi terlebih dahulu melalui Shakti di nomor 081290072764 atau surel shakti@sinergimuda.org. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!