Bara Supercook luncurkan buku resep dengan ilustrasi pertama di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bara Supercook luncurkan buku resep dengan ilustrasi pertama di Indonesia
Buku 'The Colourful Stories of Indonesian Cooking' karya Bara Pattiradjawane menghadirkan 55 resep masakan Nusantara yang dilengkapi dengan tips-tips praktis dan dihiasi dengan ilustrasi cat air

JAKARTA, Indonesia — Setelah sukses menarik perhatian para pecinta buku di Frankfurt Book Fair, Jerman, buku The Colourful Stories of Indonesian Cooking karya Bara Pattiradjawane pun diterbitkan dalam Bahasa Indonesia.

Tak hanya berisikan resep-resep asli Nusantara, buku ini juga memiliki keistimewaan di antara buku-buku resep lain yang sudah beredar di Indonesia. Menghadirkan kurang lebih 55 resep masakan Nusantara yang dilengkapi dengan aneka sambal dan tips-tips praktis, buku ini dihiasi dengan ilustrasi cat air.

“Sejak lama saya ingin membuat buku masak dengan gambar dan warna-warna meriah, semeriah masakan Nusantara. Membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa merealisasikan buku ini,” ujar Chef Bara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bara Supercook.

Ide untuk membuat buku resep dengan ilustrasi gambar cantik dan bukan hanya foto saja sebenarnya ia dapatkan dari Sang Mami, Rose Lintong. Kala itu ia mendapatkan dua buku besar dan tebal kumpulan kliping majalah Belanda dan Jerman dari tahun 70-an dengan gambar-gambar cat air yang sangat artistik.

Untuk itulah kemudian Bara bersikeras untuk membuat satu buku dengan ilustrasi cat air. Adalah Rahma Adriani, seorang ilustrator yang kemudian menarik hatinya untuk diajak bekerja sama mengerjakan proyek idamannya ini.

“Berkarya untuk sebuah buku adalah salah satu impian terbesar saya karena saya selalu merasa lebih mudah berkomunikasi dengan bahasa gambar dibandingkan dengan kata-kata. Untuk bisa bekerja sama dengan Chef Bara, menghasilkan sebuah buku resep dengan ilustrasi cat air, rasanya sangat tak terkira,” ungkap Rahma.

Resep dalam buku 'The Colourful Stories of Indonesian Cooking' dihiasi dengan ilustrasi cat air. Foto dari Management of Bara Supercook

Lalu mengapa masakan Nusantara? Bara selalu memiliki keinginan untuk melestariskan masakan Indonesia yang menjadi sebuah budaya membanggakan. Ia ingin nantinya makanan Indonesia bisa dikenal hingga ke mancanegara dan Indonesia bisa dengan bangga mendapati aneka hidangan khas di berbagai negara, seperti makanan Asia lain yang sudah lebih dahulu mendunia.

Melihat animo yang begitu besar terhadap bukunya kali ini, Chef Bara pun segera mempersiapkan edisi kedua dengan materi yang sama, aneka masakan Nusantara. 

Tentang Bara Pattiradjawane

Wawasan Bara Pattiradjawane di dunia kuliner sangatlah terbuka. Sejak kecil ia berkesempatan untuk tinggal di banyak negara, Thailand, Jerman, Belanda, Austria dan Perancis, mengikuti orang tuanya yang memang ditugaskan oleh Pemerintah.

Bara tidak pernah mengenyam pendidikan masak secara formal dan menimba ilmu kuliner secara otodidak sejak kecil dengan penuh gairah. Sejak tahun 1995 ia akhirnya mengambil keputusan untuk menjadi seorang ahli masak profesional.

Karier kuliner di dunia televisi dimulainya sejak tahun 2005, di mana Bara menjadi presenter acara masak yang sangat populer “Gula Gula” di salah satu stasiun televisi swasta. Selama delapan tahun menjadi host acara tersebut, Bara berkesempatan untuk keliling Indonesia dan banyak belajar tentang kuliner Nusantara.

Selain itu, ia juga banyak tampil sebagai pendemo masak di banyak acara di seluruh Indonesia, di mana Bara menciptakan hidangan Nusantara dengan interpretasi dan gayanya sendiri.

—Rappler.com

Punya informasi terbaru yang ingin disebarkan ke pembaca? Ingin acaramu dipromosikan di Rappler? Kirim email ke indonesia@rappler.com agar aktivitas komunitasmu diketahui banyak orang.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!