Perempuan harus daftarkan nama sendiri untuk membangun usaha

Adrianus Saerong

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Perempuan harus daftarkan nama sendiri untuk membangun usaha
Ibu pemilik Rumah Makan Ayam Goreng Suharti, misalnya, harus kehilangan resepnya setelah bercerai dengan suaminya

JAKARTA, Indonesia — Tugas seorang perempuan bukan hanya menjadi ibu rumah tangga. Bahkan, meski bekerja full time sebagai ibu rumah tangga, tapi para perempuan juga bisa berkarya sebagai pengusaha dari rumah.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Suryani Sidik Motik, dalam acara jejaring pemimpin perempuan bertajuk “Integrasi Perempuan dan Teknologi Untuk Indonesia Yang Lebih Sejahtera” yang diadakan oleh Rappler di Jakarta, pada Jumat, 21 April.

Sosok yang akrab disapa Yani Motik itu mempertanyakan bagaimana anggaran dari pemerintah tidak kurang adil bagi para pengusaha- pengusaha perempuan.

“Saya di sini mewakili usaha kerja menengah (UKM) yang ada, dan tahukah kalian, bahwa ternyata 80 persen pemilihan barang dilakukan oleh perempuan?” kata Yani. 

“Laki-laki itu tidak percaya diri, tapi sayangnya kita hanya menikmati 1 persen dari hal itu. Entah kesalahannya di mana, tapi ini tidak adil,” ujarnya.

Oleh karena itu, Yani meminta kepada para perempuan Indonesia, untuk mulai berani menggunakan nama mereka untuk membangun usaha, bukan atas nama suami mereka.

Ia memberi contoh Rumah Makan Ayam Goreng Suharti. Kasus ini, menurutnya, merugikan kaum perempuan di mana ibu sang pemilik resep harus kehilangan kerja kerasnya setelah bercerai, karena menggunakan nama suami untuk membuka usaha. —Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!