Hadiah Ramadan: Merendahkan diri di hadapan Allah agar ditinggikan derajatnya

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hadiah Ramadan: Merendahkan diri di hadapan Allah agar ditinggikan derajatnya
Ada 5 kelompok manusia menurut Candra Malik. Apa saja?

JAKARTA, Indonesia — Jika kita kelompokkan ciptaan-ciptaan Allah, dalam hal ini manusia, maka akan ada 5 kelompok.

Sufi dan budayawan Candra Malik mengatakan, yang pertama adalah makhluk, entah itu manusia, malaikat, iblis, jin, setan, binatang, ataupun tumbuhan.

Yang kedua adalah manusia. Manusia adalah makhluk, tapi makhluk belum tentu manusia. Manusia dimuliakan di antara makhluk-makhluk lainnya dengan karunia akal. Manusia yang mulia ini berhasil mempertemukan akal yang menghasilkan budi pekerti dengan hati.

Yang ketiga adalah khalifah fil ardli atau pemimpin di muka bumi. Allah SWT memercayakan kepada pengelolaan manusia karena Allah memberi kedudukan khalifah fil ardli kepada manusia, tapi tidak semua manusia merupakan khalifah fil ardli. Untuk bisa memimpin bumi, kita harus memulai memimpin diri sendiri.

Yang keempat adalah insan kamil atau manusia paripurna—manusia yang sudah selesai terhadap kemanusiaannya sendiri dan mulai mengabdi kepada kemanusiaan umat, sebagaimana Nabi Muhammad SAW.

Namun ternyata insan kamil adalah batu loncatan untuk mencapai tingkatan paling tinggi, yaitu abdillah atau hamba Allah. Terbukti ketika Nabi Muhammad SAW diperjalankan oleh Allah SWT dalam malam Isra’ Mi’raj dalam kedudukannya sebagai abdillah. 

Untuk mencapai kedudukan tinggi itu, kita harus berhasil merendahkan diri kita serendah-rendahnya di hadapan Allah, menjadi hambanya Allah, dan merendahkan hati kita serendah-rendahnya di hadapan segala mahkluk. 

Saksikan selengkapnya video Hadiah Ramadan di atas. Dalam Hadiah Ramadan, Gus Can mengajak kita untuk mensyukuri Ramadan sebagai hadiah dari Allah. Oleh karena itu pula, selayaknya puasa kita dipersembahkan kepadaNya.

Kunjungi laman YouTube ini untuk menyaksikan rangkaian video Hadiah Ramadan. —Rappler.com

Hadiah Ramadan adalah tayangan yang diampu oleh Candra Malik, seorang sufi yang bergiat di bidang kesusastraan, kesenian, kebudayaan, dan kespiritualan. Gus Can dapat disapa di Twitter @CandraMalik

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!