Dikabarkan membuat komik asusila, komikus Indonesia dikecam netizen

Karina Maharani

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dikabarkan membuat komik asusila, komikus Indonesia dikecam netizen
Karya tersebut menggemparkan komunitas komik Indonesia.

JAKARTA, Indonesia – (UPDATED) Komikus Kharisma Jati, yang dikenal karena komik Anak Kos Dodol Dikomikin dan God You Must Be Joking, dikabarkan membuat sebuah komik asusila yang melibatkan seorang komikus perempuan.

Komik asusila tersebut sudah dihapus tapi disebutkan menggambarkan seorang wanita mengajak anak untuk memuaskan hasrat seksualnya. Di panel terakhir tokoh gigi dua yang sering muncul di komik God You Must Be Joking berkata: ‘wanita amoral’. 

Belum jelas mengapa Kharisma sampai membuat komik itu, tapi menurut beberapa anggota komunitas komik, terjadi sebuah konflik antara Kharisma dan komikus perempuan tersebut.

Komik asusila tersebut mendapatkan reaksi keras dari komunitas komik dan netizen Indonesia yang mengecam perbuatan Kharisma dan memberikan dukungan kepada sang komikus perempuan.

Sunny Gho, pendiri portal komik Indonesia www.kosmik.id, mengeluarkan pernyataan di akun Facebook-nya yang mengutuk keras komik buatan Kharisma itu dan mengimbau supaya karyanya dihentikan peredarannya.

Sweta Kartika, komikus terkemuka Indonesia, mengatakan bahwa yang dilakukan Kharisma sudah melewati batas. 

Ario Anindito, yang bekerja untuk Marvel Comics, juga ikut angkat suara.

“Biasanya, saya nggak terlalu sering menyuarakan pikiran atau pendapat saya ke publik,” katanya. “Tapi kali ini, saya akan taking sides.” 

Aji Prasetyo, seorang komikus lainnya, membuat komik dukungan yang menggambarkan komik God You Must Be Joking dibakar. 

“Apapun alasan KJ melakukannya (meskipun gambarnya sekarang sudah dihapus), menurutku itu sangat tidak pantas,” tulis Aji dalam postingan di Facebook. “Dan meskipun kedua komikus ini kawanku, jika salah seorang di antaranya bertindak tidak etis, maaf jika aku harus menunjukkan sikapku ini.”

Tapi pada Senin malam, post-post dukungan tersebut telah dihapus oleh para komikus, sepertinya atas permintaan komikus perempuan itu sendiri. 

Komikus perempuan itu buka suara pada Senin siang dengan sebuah komik yang menggambarkan seorang ibu menyayangi anak-anaknya. Ia telah menghapus post itu juga. — dengan laporan dari Adinda Putri/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!